Beberapa pengguna cukup kesulitan ketika hendak logout akun WhatsApp mereka. Pasalnya, mereka belum mengetahui bagaimana cara logout WhatsApp (WA) di HP Android.

Wajar saja karena di aplikasi WhatsApp tidak ada tombol untuk logout atau sign out. Sehingga pengguna yang ingin logout dan masuk dengan akun WA yang baru pun sangat kebingungan.

Sebagai informasi, WhatsApp hanya mengizinkan penggunanya untuk mempunyai satu akun saja pada nomor ponsel yang terdaftar.

Sepertinya hal itulah yang membuat pihak WhatsApp tidak menyedian tombol download. Karena jika disediakan, maka otomatis pengguna akan logout dan login semaunya dengan nomor yang berbeda.

Meski WA tidak menyediakan tombol logout, namun kita tetap bisa keluar dari akun yang dimiliki untuk menggunakan atau membuat akun WA yang baru.

Caranya yakni dengan menghapus data aplikasi atau menghapus langsung aplikasi WhatsApp itu sendiri lalu kemudian mendownload ulang. Dengan cara tersebut, maka kamu sudah berhasil keluar dari akun WhatsApp.

Beberapa orang tentu memiliki alasan tersendiri ingin logout akun WA di HP mereka. Salah satu alasannya mungkin ingin login ke akun WhatsApp lama atau ingin membuat akun yang baru.

Agar tak kebingungan lagi, langsung sumak tutorial lengkapnya di bawah ini, guys. Caranya dijamin mudah kok!

Cara Logout WhatsApp di HP Android

Ikuti langkah-langkah di bawah ini ketika kamu ingin logout akun WA di HP!

Pastikan nomor WhatsApp yang baru masih aktif

Hal pertama yang cukup penting untuk diperhatikan dan dipersiapkan untuk login WhatsApp adalah memiliki nomor HP yang masih aktif.

Sehingga setelah berhasil logout dari akun WA yang lama, kamu bisa segera login ke nomor yang baru. Alasan nomor HP yang digunakan harus aktif adalah akan informasi verifikasi yang dikirim via SMS ke nomor itu.

Backup chat penting

Langkah berikutnya adalah silakan backup chat penting di akun WhatsApp-mu yang lama. Sehingga jika suatu saat nanti hendak login kembali ke akun WhatsApp tersebut, riwayat chat penting tersebut dapat dipulihkan. Kamu tak perlu khawatir akan kehilangan data penting yang dimiliki.

  • Cara untuk backup chat WhatsApp, silakan klik icon titik tiga di pojok kanan atas laman WhatsApp.
  • Klik Setelan, lalu pilih Chat.

Cara Backup Chat WhatsApp

  • Selanjutnya, klik Cadangan chat > Cadangkan > pilih Google Drive.

Cadangkan Chat WA

  • Setelah ini semua prosesnya telah selesai, sehingga kamu bisa memulihkan chat tersebut jika sewaktu-waktu diperlukan.

BACA JUGA: Cara Menghapus GIF di WhatsApp Agar Menghemat Ruang Penyimpanan

Logout akun WhatsApp dengan hapus data

Setelah dua tahapan tadi sudah dilakukan, sekarang saatnya ke bagian tutorial inti, yakni logout WhatsApp di HP. Pilihan pertama untuk logout WhatsApp adalah dengan menghapus data aplikasi WhatsApp.

Dengan menghapus data aplikasi WhatsApp, secara otomatis juga akan kamu akan keluar atau logout dari akun WhatsApp yang lama. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, buka menu Setelan atau Pengaturan di HP kamu.
  • Kemudian, klik Aplikasi > Kelola aplikasi. Silakan cari dan klik aplikasi WhatsApp.

Kelola Aplikasi Android

  • Selain dengan cara itu, kamu juga bisa klik dan tahan icon aplikasi WhatsApp di layar utama dan klik Info apl.

cara logout whatsapp di hp

  • Setelah berada di laman Info aplikasi WhatsApp, klik Hapus data.

Hapus Data WA

  • Klik Hapus semua data > klik Oke jika kamu sudah yakin.

Cara Logout WhatsApp di HP dengan Hapus Data

Setelah ini, silakan buka aplikasi WhatsApp untuk mengecek apakah akun WhatsApp-mu masih login atau tidak.

Sebagai informasi, pada kesempatan ini kami memakai HP Xiaomi Redmi 10. Untuk langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda dengan HP Android merek lain. Kamu pun bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan.

Uninstall aplikasi WhatsApp

Cara yang kedua untuk logout akun WhatsApp di HP adalah dengan menghapus atau meng-uninstall aplikasi WhatsApp di HP kamu.

Setelah aplikasi terhapus, silakan download kembali aplikasi WhatsApp di Google Play Store dan login dengan nomor HP yang diinginkan. Selesai! Sangat mudah bukan?

BACA JUGA: Cara Logout WhatsApp Web di PC dan HP Android

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara logout akun WhatsApp di HP Android. Lantas, metode manakah yang akan kamu pilih? Apakah dengan menghapus data atau meng-uninstall aplikasi WhatsApp.

Share.

Leave A Reply