Cara backup kontak ke Gmail di HP Xiaomi bisa dilakukan sebagai salah satu cara agar kontak tersebut tidak hilang meski kita berganti HP atau HP rusak.

Kita bisa kembali mengakses kontak-kontak tersebut setelah login ke akun Gmail sebagai tempat backup sebelumnya.

Seperti kita ketahui, selain di penyimpanan perangkat, kita juga bisa menyimpan kontak di berbagai jenis penyimpanan, mulai dari kartu SD, kartu SIM, Gmail, Telegram dan lainnya.

Salah satu jenis penyimpanan yang direkomendasikan untuk dipilih adalah Gmail. Pasalnya, Gmail mampu menampung kontak cukup banyak dan sangat mudah diakses ketika dibutuhkan.

Kemudahan tersebut bisa kita rasakan asalkan harus ingat password dari Gmail tersebut agar bisa login di perangkat lain tanpa adanya kendala.

Nah, jika sekarang kamu hendak berganti HP, mem-backup kontak ke Gmail cukup penting dilakukan. Selain cukup aman, menyimpan kontak di Gmail juga sangat praktis.

Kamu tak perlu memasukkan kembali satu persatu kontak yang sudah disimpan. Praktis, efektif, dan efisien pastinya.

Saat ini, fungsi akun Gmail bukan hanya untuk mengirim email atau mendaftar aplikasi. Namun dengan satu akun Gmail, kita bisa mendapatkan berbagai kemudahan.

Salah satunya seperti pembahasan kali ini, yakni Gmail juga bisa digunakan untuk menyimpan nomor kontak dari rekan-rekan kerja, kerabat, keluarga, pasangan, dan lainnya

Meski fitur ini bukan merupakan fitur baru, tetap saja masih ada pengguna yang belum mengetahui cara backup kontak ke akun Google.

Untuk memudahkan kalian yang belum mengetahui caranya, Rancah Post akan membahas tutorial lengkapnya untuk kalian. Caranya dijamin mudah kok!

Cara Backup Kontak ke Gmail HP Xiaomi

Pada tutorial ini, kamu meggunakan HP Xiaomi Redmi 10 dengan MIUI 13. Untuk tutorial pada tipe HP Xiaomi dengan MIUI lainnya tentu tak jauh berbeda. Dan untuk HP Android lainnya mungkin sedikit berbeda, tapi pada intinya sama.

Di sini, kita mem-backup kontak ke akun Google dengan menggunakan metode eskpor. Langsung saja, ini dia pembahasannya.

Buka menu Kontak

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencadangkan kontak ke Gmail adalah membuka menu Kontak di HP Xiaomi kalian.

Aplikasi Kontak Xiaomi

Klik icon gerigi atau settings di pojok kanan atas untuk membuka menu Pengaturan > klik opsi menu Impor/Ekspor Kontak.

Cara Backup Kontak ke Gmail Xiaomi

Di menu Impor/Ekspor Kontak akan tampil deretan opsi menu lagi terkait mengekspor dan impor kontak dari penyimpanan atau ke penyimpanan, dari kartu SIM atau ke Kartu SIM.

Ekspor ke penyimpanan

Karena akan mem-backup ke akun Gmail, maka opsi yang harus dipilih adalah Ekspor ke penyimpanan.

Klik Oke ketika muncul pop-up konfirmasi bertuliskan, “Daftar kontak Anda akan dieskpor ke berkas: /eksternal_primary/downloads/00001.vcf. Setelah itu, kamu akan mengunduh file dengan format .vcf.

Cara Membackup Kontak

Impor dari penyimpanan

Langkah selanjutnya adalah ke proses impor dari penyimpanan. Silakan klik opsi Impor dari Penyimpanan lalu pilih akun Gmail sebagai tempat backup kontak.

Impor Kontak dari Penyimpanan

Kamu akan diarahkan ke Google Drive, silakan pilih file dengan format .vcf yang tadi di ekspor. Klik Oke saat ada pop-up konfirmasi Impor vCard.

Cara Impor Kontak ke Gmail

Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Jika sudah, maka proses backup telah berhasil, silakan cek akun Google yang dijadikan tempat backup pastinya sudah terisi dengan kontak milikmu.

BACA JUGA: Cara Memindahkan Kontak ke Kartu SIM di HP Xiaomi

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara backup kontak ke akun Gmail di HP Android (Xiaomi). Semoga pembahasan pada artikel dapat membantu kalian yang sebelumnya kebingungan dan tidak mengetahui cara backup kontak.

Share.

Leave A Reply