RANCAH POST – Hadir dengan menjalankan sistem operasi Realme UI 3.0 berbasiskan Android 12, membuat cara screenshot Realme 10 dapat dilakukan dengan metode yang sama seperti pendahulunya, yakni Realme 9.

Ada sebanyak lima fitur screenshot yang dimiliki oleh ponsel tersebut, mulai dari tombol fisik, bilah notifikasi, gesek turun 3 jari, bola bantuan serta bilah samping cerdas.

Kelima opsi di atas dapat dipilih pengguna sesuai dengan kebutuhan. Bahkan Realme 10 juga sudah menyediakan fitur screenshot panjang yang berguna untuk menyimpan tampilan website atau percakapan panjang di WhatsApp.

Cara Screenshot Realme 10

Menggunakan Tombol

Screenshot menggunakan tombol bisa dibilang sebagai salah satu metode screenshot yang paling banyak digunakan oleh hampir semua pengguna ponsel Android di Indonesia.

Pasalnya, screenshot dengan cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah karena bisa langsung dipakai tanpa harus ribet mengotak-ngatik settingan.

Bila ingin mencobanya, cukup letakan jari kamu pada tombol power dan tombol volume bawah. Posisi kedua tombol tersebut sama-sama terletak di samping kanan perangkat.

Screenshot HP Realme 10
Screenshot HP Realme 10. (IST)

Langkah selanjutnya adalah tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan kemudian tahan hingga layar Realme 10 kamu berkedip. Setelah itu kamu dapat melepaskannya.

Nantinya akan muncul kotak pratinjau screenshot di bagian kiri bawah layar ponsel. Kamu dapat mengklik kotak pratinjau tersebut untuk bisa melihat hasilnya.

Meski kedengarannya sangat mudah, kamu tidak boleh keseringan mengambil screenshot dengan cara ini. Kenapa? Sebab, Realme 10 merupakan salah satu ponsel yang mengusung teknologi side-mounted fingerprint, dimana sensor pemindai sidik jarinya dipasang menyatu dengan tombol power.

Dikhawatirkan jika tombol powernya terus-terusan di tekan dapat menyebabkan sensor fingerprint menjadi tidak responsif.

Bilah Notifikasi

Sebagai solusinya, kamu dapat menggunakan fitur Cuplikan Layar atau Screenshot yang dapat ditemukan pada bilah notifikasi.

Untuk menggunakan cara ini, kamu hanya perlu memunculkan bilah notifikasi dengan cara mengusap bagian atas layar dan menariknya ke bawah.

Setelah deretan menu yang terdapat pada bilah notifikasi berhasil ditampilkan, silahkan pilih menu Cuplikan Layar seperti yang ada pada gambar berikut.

Screenshot Narzo 50A tanpa tombol

Tapi bila kamu tidak menemukan menu tersebut cukup tambahan secara manual dengan mengklik ikon pensil yang ada di sebelah kanan atas. Selanjutnya pilih menu apa saja yang ingin ditambahkan.

Cara Screenshot 3 Jari Realme 10

Fitur screenshot 3 jari saat ini dapat dijumpai di berbagai smartphone keluaran terbaru, termasuk Realme 10.

Nah, untuk mengambil screenshot menggunakan 3 jari di HP Realme 10 kamu dapat masuk ke menu Pengaturan terlebih dahulu.

Setelah berada di Pengaturan, pilih Alat Praktis kemudian lanjutkan ke Cuplikan Layar. Berikutnya, klik tombol slider yang berada di samping menu Gesek Turun 3 Jari.

Cara aktfikan fitur Screenshot 3 Jari HP Realme
Cara aktfikan fitur Screenshot 3 Jari HP Realme. (IST)

Bila tombol slider telah berubah warna menjadi biru, itu artinya fitur screenshot 3 jari telah berhasil aktif. Selesai kamu bisa langsung mencobanya, jika masih belum paham cara penggunaannya cukup simak panduan singkat yang ada di halaman tersebut.

Bola Bantuan

Cara screenshot HP Realme 10 yang keempat adalah dengan memanfaatkan fitur Bola Bantuan. Pertama-tama, aktifkan fiturnya terlebih dahulu dari Pengaturan.

Kemudian masuk ke menu Alat Praktis, pilih Bola Bantuan dan lalu aktifkan. Secara otomatis, di bagian sebelah kanan layar HP Realme 10 kamu akan muncul tombol Bola Bantuan.

Screenshot Bola Bantuan HP Realme
Screenshot Bola Bantuan HP Realme. (IST)

Jika tombol tersebut di klik bakal muncul beberapa pilihan menu seperti Home, Lock Screen, Recent Apps dan Screenshot.

Bilah Samping Cerdas

Fitur ini memiliki fungsi yang kurang lebih hampir sama seperti Bola Bantuan. Namun keunggulan dari fitur ini adalah tombol atau iconnya yang berukuran minimalis sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan.

Untuk bisa menggunakan fitur ini buka dulu Pengaturan > Alat Praktis > Bilah Samping Cerdas > Aktifkan. Otomatis akan muncul garis vertikal berwarna putih di sebelah kanan layar. Coba tarik garis tersebut ke kiri lalu tahan selama beberapa detik dan pilih Screenshot.

BACA JUGA: Cara Screenshot Oppo A57, Paling Lengkap dan Mudah Digunakan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara screenshot Realme 10. Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply