Cara menonaktifkan mode terbatas di YouTube, baik di HP maupun PC sangatlah mudah. Buat pengguna yang masih kebingungan, Rancah Post akan membahas tutorial lengkapnya untuk kalian.

Restricted mode atau mode terbatas biasanya diaktifkan pada YouTube yang kerap digunakan oleh anak kecil. Hal itu dilakukan untuk membatasi konten yang berpotensi mengandung konten dewasa.

Sehingga si anak pun hanya bisa mengakses video-video yang berisi konten anak-anak. Fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi para orang tua yang meminjamkan ponsel pada anaknya untuk menonton video di YouTube.

Orang tua pun tak khawatir lagi anak akan menonton video yang mengandung konten dewasa, di antaranya seperti konten seksual, rasis, kekerasan, dan konten-konten lainnya yang tidak layar ditonton anak kecil.

Seperti kita ketahui, konten-konten yang tak seharusnya ditonton oleh anak-anak namun malah ditonton bisa berdampai negatif bagi mereka. Sehingga orang tua perlu memproteksi agar menghindari hal tersebut.

Ketika orang tua mengaktifkan mode terbatas, secara otomatis algoritma YouTube akan berubah jadi terbatas. Dengan begitu, YouTube di perangkat kita akan menyaring konten-konten yang bermuatan konten dewasa.

Setelah mengaktifkannya, pihak YouTube pun memberi keleluasaan untuk mematikan fitur mode terbatas di YouTube.

Kita bisa menonaktifkan fitur tersebut setelah si kecil selesai menonton YouTube. Setelah menonaktifkan fiturnya, kita pun bisa mengakses berbagai konten video secara lebih leluasa.

Sebenarnya, cara mematikan mode terbatas di YouTube sama seperti kita hendak mengaktifkan fiturnya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, guys.

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas di YouTube

Berikut ini cara mematikan mode terbatas di YouTube lewat HP dan PC. Kamu bisa memilih tutorial yang sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Di HP

Cara pertama yang akan kita bahas adalah mematikan fitur mode terbatas di aplikasi YouTube melalui HP. Ikuti langkah-langkahnya, ya!

  • Silakan buka aplikasi YouTube yang terinstall di HP kamu.
  • Setelah berada di laman aplikasi YouTube, klik foto profil channel YouTube-mu di pojok kanan atas.

Foto Profil YouTube

  • Akan tampil berbagai opsi menu, dan yang harus di klik adalah opsi Setelan.

Cara Menoanktifkan Fitur Mode Terbatas di YouTube

  • Tampil lagi menu lainnya, dan silakan pilih menu Umum.

Menu di YouTube

  • Scroll ke bawah hingga menemukan fitur Mode Terbatas. Untuk mematikan mode terbatas di YouTube, silakan geser toggle ke arah kiri.

Mode Terbatas di YouTube

  • Di bagian bawah mode terbatas terdapat tulisan, “Mode ini membantu menyembunyikan video yang berpotensi mengandung konten dewasa. Tidak ada filter yang 100% akurat. Setelan ini hanya berlaku untuk aplikasi ini di perangkat ini.”
  • Selesai! Fitur mode terbatas di YouTube pun telah berhasil dinonaktifkan.

Selain menonaktifkan, langkah-langkah ini juga bisa dilakukan ketika kamu ingin mengaktifkan lagi mode terbatas di YouTube.

Artinya, lakukan langkah-langkah ini lagi jika kamu ingin mengaktifkan fitur tersebut lagi. Sangat simple dan mudah bukan?

BACA JUGA: Cara Nonton YouTube Dapat Uang, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan!

Di PC atau laptop

Selain melalui aplikasi di HP, kita juga bisa menonaktifkan mode terbatas di YouTube melalui browser di PC atau laptop. Untuk caranya, jauh lebih mudah dan singkat dibandingkan dengan di HP. Penasaran?

  • Untuk mematikan fitur mode terbatas di YouTube, hal yang pertama dilakukan adalah membuka situs YouTube melalui browser di PC/laptop.
  • Kemudian, klik foto profil di pojok kanan atas yang berbentuk lingkaran.
  • Scroll ke bawah dan kamu pun akan menemukan tulisan Mode Terbatas, klik menu tersebut.

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas di YouTube PC

  • Ketika mode terbatas dalam keadaan aktif, silakan geser toggle ke arah kiri untuk menonaktifkannya.

YouTube PC

  • Setelah itu, refresh halaman YouTube dan sampai sini kamu telah berhasil menonaktifkan mode terbatas di YouTube PC.
  • Selesai!

Lakukan cara tersebut lagi jika sewaktu-waktu ingin mengaktifkan fitur mode terbatas lagi. Kamu bisa mengunci mode terbatas di situs YouTube tersebut dengan mengklik opsi Kunci Mode Terbatas di browser ini, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

BACA JUGA: Cara Memutar Video YouTube di Latar Belakang Xiaomi

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara menonaktifkan mode terbatas di YouTube lewat HP dan PC. Sangat mudah bukan? Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply