Sering terganggu dengan laptop atau komputer yang kita gunakan saat terasa panas? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pendingin laptop untuk mengatasinya.

Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa mencegah laptop atau komputer yang sedang digunakan dari overheating atau panas berlebih.

Untuk kamu yang belum tahu, overheating merupakan kondisi ketika suhu laptop mengalami kenaikan diatas normal, meskipun sudah dirancang sebaik mungkin tapi kondisi seperti ini tidak bisa terhindari.

Overheating biasanya disebabkan oleh durasi penggunaan laptop yang digunakan secara terus menerus dna otomatis akan panas karena bekerja tanpa henti.

Hal ini biasanya terjadi saat laptop digunakan untuk rendering video atau bermain game, dimana saat tersebut suhu panas yang ada pada laptop bisa meningkat.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kini kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pendingin laptop, ya meskipun tidak sepenuhnya bisa mengatasi overheating, setidaknya aplikasi ini bisa meredam dan menurunkan suhu laptop agar tidak panas.

Berikut beberapa diantaranya.

Daftar Aplikasi Pendingin Laptop Otomatis yang Wajib Kamu Install

SpeedFan

SpeedFan
SpeedFan. (IST)

Pada daftaran pertama kamu bisa menggunakan SpeedFan. Software yang satu ini dirancang khusus untuk laptop agar bisa membantu pengguna untuk melakukan pemantauan pada suhu laptop setiap harinya saat laptop digunakan.

Menariknya, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sebuah program membaca voltase.

Kamu juga bisa dengan mudah untuk mempercepat putaran pada kipas laptop dengan menggunakan aplikasi ini.

Tak hanya itu, dengan menggunakan apk ini kamu juga bisa mengetahui suhu mikro, beban CPU dan mengetahui suhu cakram keras. Dengan begitu kamu bisa melupakan masalah performa sistem laptop dengan hanya menginstall aplikasi ini saja.

Ukuran aplikasi SpeedFan juga tergolong ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan dan menyebabkan kinerja laptop tersebut menurun.

CoreTemp – Aplikasi Pendingin Laptop

Core Temp - Apk Pendingin Laptop
Core Temp – Apk Pendingin Laptop. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi pendingin laptop Core Temp. Aplikasi ini memiliki kinerja yang unik, dimana mereka akan menampilkan suhu setiap inti individu dari setiap sistem prosesor yang kamu miliki.

Core Temp memudahkan penggunanya untuk memantau suhu setiap prosesor berbasis x86 modern, mereka menggunakan produsen utama: Intel, AMD dan VIA.

Selain itu, apk yang satu ini juga memiliki kemampuan membaca suhu laptop yang akurat karena data dikumpulkan langsung dari DTS atau Digital Thermal Sensor.

BACA JUGA:  Aplikasi Pengelola File

Cool Sense

Cool Sense
Cool Sense. (IST)

Pada jajaran ketiga ada aplikasi Coolsense. Aplikasi ini bisa kamu pasangkan di berbagai sistem operasi Windows.

Perangkat lunak yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu coba, dimana mereka akan membantu kamu untuk menjaga kestabilan pada hardware laptop dan tetap mempertahankan performanya.

Fungsi utama dari Coolsense sendi yang mendinginkan suhu laptop hingga stabil agar kinerjanya bisa tetap terjaga meskipun laptop digunakan secara terus menerus.

Tenang saja, aplikasi ini memiliki spesifikasi dan kemampuan yang mumpuni dengan ukuran relatif kecil, sehingga tidak akan membebani kinerja laptop tersebut.

HWMonitor

HWMonitor - Apk Pendingin Laptop
HWMonitor – Apk Pendingin Laptop. (IST)

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi pendingin laptop HWMonitor. Aplikasi ini juga sangat kami rekomendasikan karena apk ini mmeiliki kemampuan untuk mendinginkan laptop dengan cepat dan tetap menjaga performanya tetap stabil.

Kamu bisa menemukan banyak fitur menarik saat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Selain itu, HWMonitor atau Hardware Monitor juga akan menjaga kondisi laptop agar bisa digunakan dalam waktu yang panjang tanpa mengalami kelebihan suhu atau overheating.

Software ini cukup penting untuk kamu install pada laptop yang kamu gunakan untuk mengetahui besaran temperatur suhu dan juga tegangan yang dimiliki laptop tersebut.

BACA JUGA:  Aplikasi Konversi Satuan

Nah, itulah beberapa aplikasi pendingin laptop yang bisa kamu coba agar suhu laptop yang kamu gunakan tidak overheating meskipun digunakan secara terus menerus.

Share.

Leave A Reply