Cara cek layar Xiaomi semua tipe bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Kamu wajib mengetahui cara ini, terutama jika berniat membeli HP Xiaomi second.

Ketika hendak membeli HP, kita tentunya melakukan berbagai pengecekan terlebih dahulu, baik secara fisik maupun non fisik.

Salah satu hal yang sangat penting dicek adalah layar HP itu sendiri, mengingat pentingnya fungsi dari komponen tersebut. Jangan hanya secara kasat mata, namun kita harus memeriksanya secara detail.

Hal itu untuk menghindari membeli HP yang ternyata ada kerusakan pada layarnya. Beberapa dari kerusakan layar HP memang tidak terlalu terlihat secara kasat mata. Sehingga kita pun harus melakukan trik khusus untuk mengeceknya.

Selain ketika hendak membeli HP baru, kita pun bisa melakukan pengecekan layar pada HP sendiri untuk memastikan tidak ada permasalahan.

Secara garis besar, mengecek kondisi touchscreen HP Xiaomi bisa dilakukan dengan tiga metode, yakni secara kasat mata, menggunakan kode rahasia, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Namun tentunya tak semua pengguna mengetahui caranya, mungkin juga termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini.

Jika demikian, silakan simak cara cek touchscreen HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah.

Cara Cek Layar Xiaomi

Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa metode pengecekan layar di HP Android berikut ini.

Secara kasat mata

Cara mengecek layar HP Xiaomi yang pertama adalah secara manual atau kasat mata. Kita bisa mengidentifikasi ciri-ciri kerusakan layar yang terlihat secara jelas.

Atau bisa juga dilakukan dengan menyentuh touchscreen HP. Jika ada kerusakan, pastinya terjadi kendala dalam menggunakannya.

Pakai kode rahasia

Jika secara manual dirasa kurang afdol, maka kamu bisa mencoba metode yang kedua, yakni menggunakan kode rahasia. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, buka menu telepon.

Menu Panggilan di Xiaomi

  • Silakan ketik kode *#*#64663#*#* untuk menampilkan menu hardware rahasia yang bisa dibuka dengan kode itu saja.
  • Kemudian akan muncul halaman hardware test > pilih menu Touch sensor.

Hardware Test

  • Tarik garis pada kotak yang tersedia, fungsi dari kotak yang muncul di layar itu untuk menguji sensitivitas layar.

Cek Layar Xiaomi

Jika ada yang tidak bisa berubah menjadi warna hijau, itu artinya ada kerusakan pada layar.

Sebaliknya, jika tidak ada kendala dalam pengecekan ini dan seluruh kotak berwarna hijau, maka dipastikan kondisi layar HP kalian masih berfungsi dengan baik. Selesai!

BACA JUGA: Cara Mengunci Jaringan 4G Xiaomi Tanpa Install Aplikasi Tambahan

Pakai aplikasi pihak ketiga

Cara cek layar atau touchscreen HP Xiaomi yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek layar, salah satunya adalah Touchscreen Test.

Aplikasi tersebut bisa diinstall secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran yang sangat ringan, yakni 2,2 MB saja.

  • Langkah pertama, silakan download dan install aplikasi Touchscreen Test di HP kalian. Selain di Xiaomi, aplikasi ini bisa juga digunakan di HP Android lainnya.

Touchscreen test

  • Setelah menginstall, langsung buka dan jalankan aplikasinya.
  • Klik Start Test lalu lakukan pengujian layar.

Cara Cek Layar HP Xiaomi

  • Jika seluruh lingkaran di layar berubah jadi warna hijau, maka tidak ada kerusakan pada layar ponsel kalian.

Cara Cek Touchscreen Xiaomi

  • Selesai!

Ciri-ciri layar Xiaomi rusak

Selain cara mengeceknya, kamu juga wajib tahu ciri-ciri layar Xiaomi yang rusak dan bermasalah. Langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Layar HP Xiaomi yang rusak biasanya terdapat ititk hitam pada layarnya. Titik hitam itu diakibatkan masuknya air atau benda lain yang membuat touchscreen terganggu.

Terdapat garis pada layar HP juga menjadi ciri-ciri layar HP Xiaomi kalian rusak. Garis ini bisa terjadi akibat HP pernah terjatuh, penggunaan HP sampai terlalu panas, dan lainnya.

Jika layar HP Xiaomi kamu retak, maka bisa dipastikan akan ada masalah pada touchscreen. Dan ciri-ciri yang terakhir adalah tidak berfungsi saat dsentuh, baik itu sebagian atau seluruh layar.

BACA JUGA: Cara Cek Touchscreen Samsung Sederhana dan Mudah

Demikianlah cara cek layar HP Xiaomi dengan beberapa metode mudah. Kamu bisa memilih atau bahkan melakukan semua metode yang kami jelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply