RANCAH POST – Huawei Nova Y61 diam-diam telah meluncur di pasar global. Sesuai dengan namanya, ponsel ini merupakan penerus dari Huawei Nova Y60 yang memulai debutnya tahun lalu.

Meski masih belum ada informasi yang lebih rinci mengenai harga dan ketersediaanya, spesifikasi Huawei Nova Y16 sudah muncul di situs resmi Huawei Global.

Dari segi penampilan, Nova Y61 terlihat lebih kekinian dibanding pendahulunya sebab memiliki bingkai datar serta tata letak kamera belakangnya dibuat menyerupai iPhone 14.

Huawei Nova Y61 sendiri membawa pengaturan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, macro 2 MP dan depth sensor 2 MP.

Lalu di bagian depan, smartphone ini memamerkan layar berdesain waterdrop notch yang menampung kamera selfie 5 MP. Layarnya menggunakan panel LCD berukuran 6.52 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel).

Tidak disebutkan chipset yang digunakan sebagai dapur pacunya, karena situs resmi Huawei Global hanya mencantumkan keterangan CPU Octa-Core.

Chip yang belum diketahui rinciannya itu diduetkan dua pilihan konfigurasi memori, yaitu RAM 4 GB + internal 64 GB untuk wilayah pasar Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

Sedangkan untuk wilayah Asia Pasifik ponsel ini bakal hadir dalam varian RAM 6 GB + internal 64 GB. Tapi meskipun kapasitas RAM-nya dibedakan, kedua varian tersebut sama-sama menawarkan konektivitas WiFi single-band, jaringan 4G VoLTE, Bluetooth 5.1, dan jack audio 3.5 mm.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi EMUI 12 dan tidak memiliki dukungan GMS (Google Mobile Services) tapi sebagai gantinya disediakan HMS (Huawei Mobile Services).

HP Huawei Nova Y61 ditopang baterai 5.000 mAh yang dilengkapi teknologi pengisian cepat Huawei SuperCharge 22.5W. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Sapphire Blue, Mint Green, dan Midnight Black.

Sebelumnya, pabrikan asal China itu juga sempat meluncurkan tablet murah MatePad C5e yang merupakan rebranding dari Huawei MatePad SE.

Huawei MatePad C5e ditenagai prosesor Kirin 710 yang dikembangkan sendiri oleh Huawei. Nah, prosesor ini dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori penyimpanan internal 64 GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 512 GB.

Sedangkan untuk kebutuhan catu daya Huawei telah membenamkan baterai berkapasitas 5.100 mAh berkemampuan fast charging 10W yang dapat diisi ulang dengan kabel USB tipe C.

BACA JUGARender Huawei P50 Pocket S Bocor, Begini Penampakannya

Berbeda dari MatePad SE yang menjalankan sistem operasi HarmonyOS 2.0, MatePad C5e berjalan di atas sistem operasi EMUI 10.1 berbasiskan Android 10.

Share.

Leave A Reply