Ada banyak faktor yang mempengaruhi baterai HP Realme cepat habis, baik itu sengaja atau tak disengaja, untuk itu kamu harus mengetahui cara menghemat baterai Realme agar HP bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

Aktivitas menggunakan HP secara terus menerus memang bukan jadi rahasia umum lagi, hal tersebut sudah umum dilakukan, apalagi kini banyak pekerjaan yang memanfaatkan HP sebagai alat penunjangnya.

Sebelum kamu membeli smartphone, pastikan kamu membeli smartphone yang memiliki kapasitas baterai lebih dari 4000 mAh, seperti Realme yang hampir semua tipe HP nya memiliki kapasitas baterai besar.

Meskipun sudah membeli smartphone dengan kapasitas baterai HP besar, cepat habisnya baterai juga tidak bisa dihindari jika kamu menggunakan HP secara terus menerus dan mengoperasikan banyak aplikasi maka baterai akan cepat habis.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar baterai HP kamu tetap awet meskipun digunakan untuk beraktivitas tanpa harus melakukan charger terus menerus.

Penasaran cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai HP Realme? Berikut selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Glance di HP Realme

Cara Menghemat Baterai Realme Agar Waktu Penggunaan Lebih Panjang

Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengaktifkan mode hemat baterai. Cara ini diklaim mampu memperpanjang penggunaan HP hingga dua kali lipat sisa baterai tersebut.

Seperti kita ketahui, smartphone Realme dan OPPO sama-sama menggunakan ColorOS, dimana sistem operasinya menyediakan fitur Mode Hemat.

Mode hemat ini mampu untuk menonaktifkan beberapa fitur otomatis, seperti sinkronisasi, mematikan getaran sentuh, dan mengurangi kecerahan layar.

Matikan Sinkronisasi Akun

Cara menghemat baterai Realme selanjutnya yaitu dengan mematikan sinkronisasi akun.Kita tahu bahwa HP Android memiliki sinkronisasi akun, jika kamu login menggunakan akun Google dan sinkronisasi diaktifkan maka penggunaan baterai pun semakin besar.

Nah, untuk mematikannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan di HP Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari menu Akun dan Sinkronisasi.
  • Lalu pilih opsi nonaktifkan yang ada di pojok kanan atas.
  • Selesai.

Nonaktifkan Majalah Layar Kunci

Majalah layar kunci juga jadi salah satu aspek yang mempengaruhi baterai, lho. Jika kamu mengaktifkan mode ini maka penggunaan baterai pun semakin besar sekalipun kamu tidak mengoperasikannya.

Jangan Menggunakan Wallpaper dengan Warna Cerah

Cara menghemat baterai Realme berikutnya yaitu hindari menggunakan wallpaper dengan warna cerah, karena hal tersebut akan menyebabkan konsumsi baterai lebih banyak.

BACA JUGA: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Realme

Nah, itulah beberapa cara menghemat baterai Realme yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply