Aplikasi text editor yang memiliki peralatan lengkap memang jadi salah satu aplikasi yang banyak dicari, karena aplikasi ini berguna untuk membangun aplikasi.

Text editor memiliki peran yang cukup penting bagi programmer, karena aplikasi ini merupakan senjata utama untuk membangun aplikasi dan jadi bagian yang tidak pernah tertinggal dari pekerjaan seorang programmer.

Sekarang ini, banyak pilihan text editor yang bisa kamu gunakan dan tentunya memiliki fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plugin tambahan yang bisa kamu gunakan secara gatis.

Tapi perlu diperhatikan, kamu tidak bisa memilih aplikasi berdasarkan fiturnya saja, ada beberapa aspek yang harus kamu teliti saat memilih text editor, mulai dari kebutuhan fitur, bahasa pemrograman yang digunakan, dan spesifikasi PC yang kamu pakai.

Nah, jika kamu masih bingung mencari dan memilih aplikasi text editor yang sesuai dengan kebutuhan, berikut kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi terbaik yang bisa kamu pilih. Berikut diantaranya.

Rekomendasi Aplikasi Text Editor Terbaik

Terdapat beberapa text editor yang sedang populer belakangan ini, tak heran karena kini banyak apk editor yang dilengkapi dengan fitur yang sangat lengkap, ringan, dan memiliki dukungan dengan integrasi program lain maupun bahasa pemrograman.

Kamu bisa pilih salah satu aplikasi di bawah ini:

Notepad++

Notepad++
Notepad++. (IST)

Pada jajaran pertama ada Notepad++, aplikasi editor bawaan Windows ini sering dimanfaatkan untuk membuat file txt atau proses membuat catatan ringan.

Notepad dengan Notepad++ sebenarnya sama, hanya ada beberapa fitur tambahan pada Notepad++ yang lebih canggih dan modern dimana kamu bisa menemukan lebih banyak ikon dan menu pada halaman Notepad++.

Notepad++ sendiri bisa kamu gunakan untuk membaca berbagai bahasa pemrograman dan dilengkapi dengan menu plugin untuk menambah fitur baru.

Selain itu, ada juga beberapa fitur tambahan lainnya yang cukup bermanfaat, seperti text-shortening, auto-completion, shortcut customization, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengunduhnya dengan versi yang kamu inginkan melalui link berikut https://notepad-plus-plus.org/downloads/.

Visual Code Studio – Aplikasi Text Editor

Visual Code Studio - Apk Text Editor
Visual Code Studio – Apk Text Editor. (IST)

Selanjutya, ada aplikasi text editor PC Visual Code Studio. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Windows yang memiliki tampilan menarik dengan beberapa ornamen yang khas.

Aplikasi Visual Code ini juga bisa kamu gunakan secara gratis tanpa adanya batasan apapun. Mereka juga menyediakan banyak fitur unggulan yang bisa melengkapi baris kode yang kamu tulis otomatis.

Pada apk ini, kamu bisa menyembunyikan menu dan ikon yang ada dengan memanfaatkan mode Zen. Mode ini mendukung penggunanya untuk tetap fokus pada aplikasi yang sedang dikembangkan.

Menariknya, kamu bisa menemukan beberapa fitur yang sudah terintegrasi dengan Git dan fitur debugging yang bisa membantu kamu untuk mengecek kesalahan pada baris kode.

BACA JUGA:  Aplikasi Edit Foto Jadi Tinggi

Sublime Text

Sublime Text
Sublime Text. (IST)

Memiliki tampilan software yang unik memang membuat penggunanya lebih semangat saat bekerja, mungkin Sublime Text bisa jadi salah satu referensi yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang unik dengan fitur yang melimpah, dimana mereka membuat beberapa tema yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Sublime Text sendiri merupakan salah satu apk code editor yang mendukung berbagai macam sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, MacOS, dan lainnya, tak heran jika aplikasi ini akan selalu available di berbagai perangkat.

Keunggulan utama yang ditawarkan aplikasi ini yaitu memiliki kinerja yang cepat dan bisa digunakan di perangkat dengan resource yang kecil.

Hanya saja, beberapa fitur unggulan pada aplikasi ini harus kamu akses secara berlangganan.

Komodo Edit

Komodo Edit - Apk Text Editor
Komodo Edit – Apk Text Editor. (IST)

Selain Visual Code Studio, ada juga aplikasi text editor lainnya yaitu Komodo Edit. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang cukup lengkap dan bisa digunakan di berbagai macam sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS.

Aplikasi yang sudah hadir sejak tahun 2007 ini sudah didukung dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML, CSS, SQL, bahasa Python, dan lainnya.

Tenang saja, aplikasi ini bisa kamu akses secara bebas dan gratis kok, yuk unduh aplikasinya sekarang juga!

BlueFish

BlueFish
BlueFish. (IST)

Siapa sih yang tidak mengenal BlueFish? Ya, software multi platform yang bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Secara garis besar, software ini lebih optimal jika digunakan di sistem operasi Linux. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menangani ukuran file yang melebihi kapasitas dan menjaga kecepatan pemrosesannya agar tetap stabil.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi ini, seperti format baris kode, penambahan tabel, pencarian, dan fitur dinppet yang bisa menambahkan produktivitas kinerja.

Atom

Atom
Atom. (IST)

Pada jajaran terakhir ada Atom. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengelola baris kode dan menuliskan beberapa catatan secara bersamaan.

Tampilan aplikasi ini juga tak kalah menarik dengan aplikasi lainnya, bahkan Atom juga mendukung banyak bahasa yang bisa kamu tentukan sesuai dengan keinginan.

Menariknya, kamu bisa menambahkan fitur tambahan dengan menu plugin di aplikasi ini. Meskipun begitu, Atom juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan mulai dari teknologi web based, file system browser, integrasi dengan Node.js, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa menginstallnya dengan mengunjungi laman resmi Atom di https://atom.io/.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Edit Foto Sama Artis yang Bagus dan Tampak Nyata

Demikianlah rekomendasi aplikasi text editor yang bisa kamu gunakan, pastikan kamu memiliki aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Share.

Leave A Reply