Cara melihat versi Android sangat mudah. Hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan kamu pun bisa langsung melihat versi Android di HP kamu.

Tapi jika sampai saat ini masih bingung dengan bagaimana caranya, menyimak artikel ini sampai akhir adalah pilihan yang tepat.

Khusus pengguna Xiaomi, kali ini Rancah Post telah menyiapkan tutorial cara cek versi Android di HP Xiaomi semua tipe.

Mengecek versi OS di Android biasanya dilakukan oleh para pengguna untuk mengetahui sistem operasi (OS) yang sedang berjalan di perangkat Android yang mereka gunakan.

Dan jika ada pembaruan, kita bisa langsung memperbaruinya saat itu juga. Dengan memperbarui OS di Android, maka pengguna bisa mendapat fitur-fitur terbaru hingga pembaruan antarmuka.

Selain itu, update versi Android juga bisa memperbaiki beragam bug yang sebelumnya ada di HP. Cara mengecek versi Android di HP Android bisa dilakukan tanpa aplikasi atau dengan aplikasi tambahan.

Jika ingin melakukannya tanpa aplikasi tambahan, jika hanya perlu membuka menu pengaturan lalu ke menu Tentang telepon. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini, teman-teman.

Cara Melihat Versi Android di HP Xiaomi

Langsung saja, berikut ini cara mengecek versi Android di HP Xiaomi, kamu bisa memilih menggunakan atau tanpa aplikasi tambahan lainnya.

Tanpa aplikasi

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengecek versi Android di HP Xiaomi kalian adalah membuka aplikasi Setelan.
  • Klik menu Tentang telepon, dan kalian pun akan cek berbagai informasi terkait HP Xiaomi termasuk juga versi Android yang digunakan.

Tentang telepon Xiaomi

  • Pada ponsel yang kami gunakan saat ini berada di versi Androi 12.

Cara Melihat Versi Android di Xiaomi

  • Pengguna bisa melihat animasi dari Android 12 di HP dengan cara tap beberapa kali pada menu Versi Android.

Animasi OS Android

  • Setelah itu, animasi Android versi ponselmu akan muncul. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Sebagai informasi, pada tutorial kali ini kami menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 10 yang menjalankan sistem operasi Android 12 dan antarmuka MIUI 13.

Adapun untuk cara melihat versi Android di smartphone lainnya, langkah-langkahnya tiak jauh berbeda. Jika ada notifikasi untuk memperbarui versi Android, langsung perbarui agar bisa menggunakan OS terbaru.

BACA JUGA: Cara Cek Tipe HP Xiaomi dengan Cepat, 100 % Akurat

Dengan aplikasi

Selain melalui menu Tentang telepon, cara melihat versi Android juga bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga.

Ya, di sini kami menggunakan aplikasi device information bernama CPU-Z. Melalui aplikasi tersebut, kita bisa cek berbagai informasi tentang ponsel, tak terkecuali versi Android.

  • Untuk menggunakan CPU-Z, kamu harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store dengan ukuran 1,8 MB saja.

CPU Z

  • Setelah menginstall CPU-Z, langsung buka aplikasinya sekarang juga.
  • Akan tampil beberapa kategori informasi, seperti SOC, Device, System, Battery, Thermal, dan Sensors.
  • Klik System untuk cek versi Android di HP kalian.

Cara Melihat Versi Android Xiaomi

  • Dan di sini terlihat ponsel yang kami gunakan  menjalankan sistem operasi Android 12.

Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai HP Android selain Xiaomi, mulai dari Samsung, Oppo, Realme, dll.

BACA JUGA: Cara Cek Garansi Xiaomi Online Untuk Ketahui Resmi atau Distributor

Itu dia, tata cara melihat versi Android di HP Xiaomi dengan dan tanpa menginstall aplikasi lain. Sangat mudah untuk dipraktikkan oleh semua pengguna. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply