Hadirnya aplikasi penghemat ruang penyimpanan tentunya memberi kesenangan tersendiri bagi pengguna smartphone yang sering mengeluhkan memori HP nya penuh terus.

Padahal mereka jarang mengambil gambar atau video dan sering membersihkan file sampah yang muncul di manajemen file HP tersebut.

Seperti kita ketahui, setiap smartphone sudah dibekali dengan memori internalnya masing-masing, mulai dari 2 GB, hingga 1 TB.

Hal tersebut dibuat untuk memberikan keleluasaan bagi pengguna yang menggunakan HP untuk menunjang pekerjaan yang diharuskan menyimpan file besar, baik itu dalam bentuk foto, video, hingga dokumen.

Lalu apa jadinya dengan HP yang memiliki kapasitas memori pas-pasan? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan aplikasi penghemat ruang penyimpanan untuk mengatasi memori yang tiba-tiba penuh tanpa dipakai.

Aplikasi ini juga cukup efisien digunakan dan kinerjanya sangat berpengaruh pada performa HP Android yang performanya kian lambat dan boros daya.

Nah, untuk mengetahui ada aplikasi apa saja, kamu bisa simak artikel ini selengkapnya.

Daftar Aplikasi Penghemat Ruang Penyimpanan

Aplikasi Gallery Doctor

Gallery Doctor
Gallery Doctor. (IST)

Pada jajaran pertama, kamu bisa menggunakan Gallery Doctor. Aplikasi ini diklaim memiliki kemampuan untuk menghemat ruang penyimpanan internal di berbagai jenis smartphone, salah satunya pada HP Realme.

Sistem kerja yang ditawarkan aplikasi ini juga cukup transparan, mereka akan memfilter file data yang sudah tidak terpakai atau tidak layak pakai, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan adanya data penting yang terhapus.

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer antivirus AVG ini juga bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store atau Apk Pure, ya gengs!

Ccleaner – Aplikasi Penghemat Ruang Penyimpanan

Ccleaner - Apk Penghemat Ruang Penyimpanan
Ccleaner – Apk Penghemat Ruang Penyimpanan. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi penghemat ruang penyimpanan CClaner. Aplikasi ini akan membersihkan, mengoptimalkan, dan meningkatkan kinerja HP kamu dengan cepat, hlo.

Mereka juga akan meminimalisir penyimpanan cache tidak penting yang berasal dari aplikasi-aplikasi yang ada.

Dengan aplikasi ini kamu juga bisa menghapus sampah dengan mudah dan cepat, dan mendapatkan ruang penyimpanan kembali, tenang saja kinerja mereka sangat cerdas, kok, jadi mereka tidak asal menghapus file cache.

Adapun beberapa kemampuan yang bisa kamu manfaatkan dari aplikasi ini seperti Bersihkan cache aplikasi, folder unduhan, riwayat browser, konten papan klip, dan lainnya.

BACA JUGA:  Aplikasi Pembersih Sampah iPhone

KeepClean

KeepClean
KeepClean. (IST)

KeepClean merupakan sebuah alat pada perangkat Android yang bekerja sekaligus sebagai aplikasi antivirus dan memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan fungsi Pembersih HP, Mengoptimalkan RAM, Antivirus, Penghemat Baterai, dan lainnya yang akan bekerja untuk meningkatkan performa dan keamanan.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta orang di Play Store untuk melindungi dan mengoptimalkan smartphone yang mereka miliki.

Tenang saja, semua fitur yang ada pada aplikasi ini bisa kamu akses secara gratis tanpa ada batasan apapun.

SD Maid – Aplikasi Penghemat Ruang Penyimpanan

SD Maid - Apk Penghemat Ruang Penyimpanan
SD Maid – Apk Penghemat Ruang Penyimpanan. (IST)

Berikutnya ada SD Maid, aplikasi ini akan membantu kamu untuk menjaga perangkat yang kamu gunakan agar tetap bersih dan rapi. Mereka diklaim memiliki beberapa koleksi peralatan yang bisa kamu manfaatkan untuk memanajemen aplikasi dan berkas.

Menariknya, SD Maid juga bisa menjelajah seluruh perangkat untuk memanipulasi berkas melalui penjelajah berkas secara penuh.

Bahkan, mereka akan menghilangkan berkas tidak berguna dalam sistem HP kamu tanpa takut file penting di dalamnya hilang.

Google Photos

Google Photos
Google Photos. (IST)

Mungkin kamu mengira bahwa platform ini akan memakan banyak ruang, padahal mereka menawarkan kemampuan untuk menghemat ruang penyimpanan memori internal kamu lho.

Google Photos merupakan salah satu layanan milik Google yang bisa digunakan untuk memuat foto dan video. Mereka akan meminimalisir berbagai cache yang muncul, sehingga memori penyimpanan kamu tetap aman.

Aplikasi ini juga akan membackup photo yang ada pada HP kamu, sehingga ruang penyimpanan tetap lega.

BACA JUGA: Aplikasi Jual Beli Sampah

Itu dia beberapa aplikasi penghemat ruang penyimpanan yang bisa kamu coba agar memori HP kamu tetap bersih dan tidak ditempati oleh file-file sampah.

 

Share.

Leave A Reply