Cara menghapus file lainnya di Xiaomi bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Lantas, apakah yang dimaksud file lainnya?

Ya, file lainnya yang ada di HP Xiaomi kerap juga disebut file serbaneka yang di dalamnya terdapat beberapa berkas, seperti file sampah, gambar, video, thumbnail, cache, data aplikasi, dan lain-lain.

Ketika ingin menghapus file tersebut, para Mi Fans (sebutan pengguna Xiaomi) sering kali kebingungan. Pasalnya, file lainnya itu letaknya tersembunyi dan jarang diketahui oleh sebagian Mi Fans.

Setiap harinya, ukuran file lainnya akan terus membesar hingga belasan bahkan puluhan GB. Alhasil, kapasitas memori internal pun menjadi berkurang.

Kita pun kesulitan saat hendak update MIUI atau menginstall aplikasi-aplikasi melalui Google Play Store.

Untuk itu, sangat penting membersihkan memori penyimpanan dari sampah-sampah atau file yang tak berguna lagi.

Nah, bagi pengguna yang kebingungan menghapus file lainnya yang ada di HP Xiaomi, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Rancah Post pun akan membahas tutorial lengkapnya di artikel ini. Jika kalian masih kebingungan dengan caranya, maka wajib menyimak pembahasan ini sampai selesai.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Isi file di dalam file lainnya bisa jadi terdapat data penting dan data yang sudah tak berguna lagi. Untuk mencegah menghapus file penting, maka kalian wajib mengecek satu persatu file tersebut sebelum menghapusnya.

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja berikut ini tata cara hapus file lainnya di HP Xiaomi tanpa perlu aplikasi pembersih tambahan.

Aktifkan fitur tampil file tersembunyi

Sebelum ke cara hapus file lainnya, kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur untuk menampikkan file tersembunyi di HP Xiaomi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, silakan buka File manager bawaan HP Xiaomi.
  • Lalu, tampilkan file tersembunyi dengan mengklik icon garis tiga > Setelan.

Cara Menampilkan File Tersembunyi di HP Xiaomi

  • Geser toggel Tampil berkas tersembunyi ke sebelah kanan.

File Tersembunyi HP

Hapus file tak penting di folder WhatsApp

  • Masih di File manager, kini silakan cari file-file tak penting yang ada di folder WhatsApp. Pertama, cari folder Android > media > com.whatsapp.

Cara Membuka File WhatsApp di File Manager

  • Kemudian, klik WhatsApp > pilih .Shared.

Folder WA

  • Di dalamnya akan tampil ribuan file bernama acak. Agar penyimpanan menjadi lebih ringan, kamu bisa menghapus seluruh file tersebut.

Shared

  • Diketahui, fungsi folder .Shared ini hanya untuk menampung file gambar, video, maupun dokumen, baik dari chat pribadi, grup ataupun pembaruan status yang di-download sebelum dimasukan ke dalam folder WhatsApp/Media.
  • Klik tombol kembali, lalu pilih folder Database.
  • Pilih dan centang semua file di dalam folder tersebut > lalu klik tombol Hapus.

Database WA

  • Untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan, kamu bisa menyisakan database WhatsApp untuk hari ini.

BACA JUGA: Cara Mengganti Default Browser Xiaomi dengan Browser Lain

Pakai pembersih bawaan Xiaomi

Cara menghapus file lainnya di HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pembersih bawaan Xiaomi.

Setiap HP Xiaomi dibekali dengan aplikasi pembersih bawaan dari MIUI. Aplikasi ini dapat mendeteksi dan membersihkan file sampah atau file lainnya yang ada di HP.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Pembersih. Lalu tunggu sampai proses pemindaian sampah selesai, terakhir klik tombol Bersihkan.
Cara Menghapus File Lainnya di HP Xiaomi

Setelah itu, aplikasi pun akan menghapus semua file atau berkas sampah yang menumpuk.

Gunakan Pembersih lanjutan

Cara terakhir yang akan dibahas untuk hapus file lainnya di HP Xiaomi adalah menggunakan Pembersih lanjutan atau Deep clean bawaan HP Xiaomi.

  • Pertama, buka aplikasi Keamanan Xiaomi.
  • Lalu, klik opsi Pembersih lanjutan.

Aplikasi Keamanan - Cara menghapus file lainnya di Xiaomi

  • Tunggu proses pemindaian berlangsung. Setelah selesai, akan tampil berbagai file yang mungkin bisa kalian hapus.
  • Kalian bisa menghapus sejumlah file yang dirasa tak penting, menghapus foto duplikat, atau menghapus video.

Pembersih Lanjutan

  • Jika sudah benar-benar yakin ingin menghapusnya, langsung klik tombol Hapus. Contohnya di sini kami menghapus beberapa video berukuran besar yang sudah tak penting lagi.

Penghapusan File - Cara menghapus file lainnya di Xiaomi

  • Kini, kamu bisa mencoba mengecek ruang penyimpanan internal yang terpakai di ponselmu pasti berkurang karena proses penghapusan yang dilakukan tadi.

BACA JUGA: Cara Restart HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Itu dia, cara menghapus file lainnya di HP Xiaomi yang bisa kalian lakukan. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply