Untuk mempermudah proses pembelajaran yang nyaman di era gemouran teknologi seperti sekarang ini, aplikasi ujian online berbentuk digital memang bisa jadi solusi.

Hadirnya aplikasi ini, pengajar, baik itu dosen atau guru kini dituntut untuk bisa menguasai aplikasi pembelajaran online.

Terlebih sekarang ini pembelajaran online dilakukan karena adanya pandemi covid19, ya meskipun sudah mulai surut tapi kita tetap harus berhati-hati agar virus tersebut benar-benar hilang.

Berbicara mengenai ujian online, kini banyak tersedia dalam bentuk platform digital yang bisa kamu akses secara gratis dan berbayar.

Sayangnya, beberapa pelajar masih bingung untuk memahami kinerja aplikasi tersebut, padahal hampir semua jenjang pendidikan ujiannya sudah menggunakan sistem digital.

Untuk menghindari kebingungan, kami sudah menganalisa beberapa aplikasi ujian online yang bisa kamu gunakan. Berikut diantaranya.

Daftar Aplikasi Ujian Online Terbaik di Android

Testmoz

Testmoz
Testmoz. (IST)

Pada rekomendasi pertama kamu bisa menggunakan Testmoz. Aplikasi ini merupakan salah satu platform ujian yang bisa digunakan secara bebas dan gratis dengan kapasitas maksimum 50 soal per sesinya.

Tapi jika soal tersebut dirasa kurang dan ingin mendapatkan keleluasaan untuk kapasitas soal ujian, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan vers berlangganan.

Kamu akan diminta untuk membayar sebesar $50 atau setara dengan Rp 700.000.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga bisa lebih mudah untuk mengatur soal yang akan diajukan dengan berbagai jenis, misalnya soal pilihan ganda, essay, fill the blank, soal gambar, dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan Testmoz dalam situs web, kamu bisa mengunjungi link https://testmoz.com/.

ThatQuiz – Aplikasi Ujian Online

ThatQuiz - Apk Ujian Online
ThatQuiz – Apk Ujian Online. (IST)

Selanjutnya ada Thatquiz. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk membuat soal seta pelacakan ujian, tugas, dan nilai menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Siapa pun yang menginstal aplikasi ini dapat berlatih matematika K-12 menggunakan alat pembuat kuis yang fleksibel dan kuat.

Jika kamu seorang guru, aplikasi ini juga wajib kamu miliki agar bisa membuat soal ujian dengan lebih mudah di ponsel. Tenang saja, aplikasi ini memiliki interface yang sederhana, sehingga mudah digunakan oleh siapapun.

BACA JUGA:  Aplikasi Pengingat Belajar

Quizizz

Quizizz
Quizizz. (IST)

Kemudian ada Quizizz. Platform ujian online berbasis web ini memiliki tampilan antarmuka yang menarik dan akan membuat para peserta ujian tidak bosan saat mengerjakan soal pada aplikasi ini.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, jika kamu tak ingin mengunduh aplikasinya di Play Store, kamu bisa mengunjungi situs webnya secara online melalui aplikasi browser yang kamu miliki.

Kamu juga bisa dengan bebas menambahkan animasi hingga audio di apk ini, lho. Jadi soal yang kamu buat akan memiliki kesan lebih interaktif.

Jika kamu kehabisan materi untuk membuat soal ujian, apk ini akan membantu kamu untuk membuatnya, karena mereka dilengkapi dengan bank soal yang bisa kamu pilih sesuai dengan mata pelajaran yang akan diujikan.

Google Form – Aplikasi Ujian Online

Google Form - Apk Ujian Online
Google Form – Apk Ujian Online. (IST)

Lalu ada Google Form. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini juga memiliki kemampuan untuk ujian nasional.

Google Form juga diklaim memiliki kemampuan terbaik dengan adanya fitur terhubung ke aplikasi pembelajaran lainnya.

Menariknya, kamu bisa menikmati aplikasi ini secara gratis dan menyesuaikan penggunaannya dengan materi dan soal ujian yang ingin kamu buat, baik itu pilihan ganda ataupun essay.

Zoho Challenge

Platform ujian online interaktif yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah Zoho Challenge. Di sini, kamu dapat menambahkan berbagai macam media untuk disertakan pada setiap soal-nya, mulai dari audio, gambar hingga video.

Zoho Challenge juga memudahkan kamu untuk membuat soal dengan berbagai macam jenis. Pilihan ganda? Bisa. Essay? Juga bisa! Bahkan, bentuk soal seperti fill the blank pun bisa kamu gunakan. Jadi, bebaskan keinginanmu untuk menampilkan deretan soal ujian di aplikasi ujian online yang satu ini, ya.

QuizEgg

Kalau kamu nggak punya kapasitas penyimpanan folder yang cukup untuk membuat soal, maka QuizEgg dapat menjadi solusinya.

Dengan menyediakan link unik, maka kamu dapat copy-paste dan membagikannya kepada para siswa yang akan mengerjakan soal-soal ujian.

Di QuizEgg, kamu bisa melakukan kustomisasi dengan mudah, mulai dari melakukan grade-ing di setiap soal, menampilkan jawaban benar atau salah hingga memberikan catatan kepada setiap para peserta ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal ujian.

ProProfs

Meskipun kamu harus melakukan versi upgrade untuk melakukan features unlock supaya kapasitas peserta ujian bisa ditambah, akan tetapi yang menarik dari ProProfs adalah setelah para siswa selesai mengerjakan soal, hasil yang didapatkan berupa piagam atau sertifikat dengan skor sesuai dengan jawaban yang dikerjakan.

QuizStar

Sebenarnya, aplikasi QuizStar bisa diakses melalui berbagai macam perangkat, seperti smartphone maupun personal computer. Namun, kamu disarankan untuk nggak menggunakan smartphone karena tampilannya kurang membuat nyaman saat mengakses QuizStar.

Sebagai salah satu aplikasi ujian yang sering direkomendasikan, QuizStar mempunyai beberapa fitur menarik, seperti melakukan penilaian secara otomatis, bentuk soal multimedia, serta bisa digunakan tidak hanya untuk murid, melainkan juga para guru.

BACA JUGA:   Aplikasi Kontrol HP Jarak Jauh

Demikianlah daftar aplikasi ujian online yang bisa kamu gunakan utnuk latihan ujian atau mempelajari pelajaran yang bisa kamu gunakan.

Share.

Leave A Reply