RANCAH POST – Vivo pertama kali meluncurkan ponsel lipat pertamanya yang bernama Vivo X Fold pada bulan April 2022 lalu. Sekarang, perusahaan yang berbasis di China tersebut kembali menghadirkan ponsel lipat baru, yaitu Vivo X Fold Plus.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, Vivo X Fold Plus memiliki spesifikasi yang lebih baik karena mengalami peningkatan pada aspek hardware dan baterai.

Ya, berbeda dari Vivo X Fold yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1, perangkat ini memakai chipset yang memiliki performa lebih garang, yakni Snapdragon 8+ Gen 1.

Pihak Vivo mengklaim bahwa performa Vivo X Fold+ meningkat 10% dibanding pendahulunya serta lebih hemat daya sekitar 30%.

Tapi meskipun chipset yang dipakainya berbeda, ponsel lipat ini masih dibekali RAM 12 GB yang dipasangkan dengan memori penyimpanan internal 256 GB dan 512 GB.

Peningkatan yang selanjutnya ada pada segi kapasitas baterai, dimana Vivo X Fold Plus punya baterai 4.730 mAh yang lebih besar ketimbang baterai Vivo X Fold yang hanya berkapasitas 4.600 mAh.

Selain kapasitas baterai, fitur pengisian dayanya pun ikut meningkat jadi 80W. Sebagai informasi, Vivo X Fold sendiri memiliki fitur fast charging 66W.

Terlepas dari beberapa peningkatan tersebut, spesifikasi lain Vivo X Fold Plus masih identik dengan versi reguler. Mulai dari desain, kamera dan lain sebagainya.

Vivo X Fold+ memiliki layar dengan mekanisme lipatan ke dalam layaknya sebuah buku. Layar utamanya berukuran 8.03 inci dengan panel LTPO AMOLED dan beresolusi 1.916 x 2.160 piksel.

Sementara cover display atau layar sekundernya berbentang 6.53 inci yang menggunakan panel berjenis AMOLED dengan resolusi 1.080 x 2.520 piksel.

Nah, di kedua layar tersebut telah disisipkan sensor pemindai sidik jari ultrasonik serta ada pula kamera selfie 16 MP yang disematkan dalam punch hole.

Di belakang, Vivo menyusun empat buah kamera dalam modul berbentuk lingkaran. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 48 MP, telephoto 12 MP dan periscope 8 MP.

Mirip pendahulunya, kamera belakang Vivo X Fold Plus dilengkapi teknologi ZEISS sehingga ponsel ini dapat memberikan hasil foto dan video menakjubkan.

Sedangkan untuk software, ponsel lipat ini telah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antarmuka Origin OS Ocean.

Hadir dalam balutan warna Black, Red dan Blue, Vivo X Fold+ dijual dengan harga 9.999 yuan sekitar Rp 21.2 jutaan untuk varian RAM 12 GB dan internal 256 GB.

BACA JUGA: Vivo X80 Lite Resmi Dirilis, Gunakan Dimensity 900 5G dan Layar AMOLED

Sementara varian RAM 12 GB dengan internal 512 GB dipatok harga 10.999 yuan atau setara Rp 23.2 jutaan. Belum diketahui apakah ponsel lipat ini akan tersedia di Indonesia atau tidak.

Share.

Leave A Reply