Cara mengatasi suara HP hilang atau tidak keluar di Android bisa kamu atasi sendiri sebelum kamu membawanya ke tukang service.
Jika speaker ponsel tidak berfungsi, cara mengatasi suara hanphone yang hilang bisa dilakukan sebagai solusinya. Kendala ini akan sangat mengganggu aktivitas bermain HP, terutama jika kamu sedang menerima panggilan dari seseorang.
Meskipun speaker di HP dibuat kokoh, perangkat tersebut bisa saja tidak selalu tahan terhadap debu dan kotoran yang masuk. Selain itu, kesalahan perangkat lunak atau aplikasi di perangkat juga dapat menyebabkan kerusakan speaker dan menyebabkan suara HP hilang.
Ketika masalah ini terjadi kepada ponselmu, pastikan untuk segera mengatasinya. Sebab, bisa saja ada sesuatu yang masuk ke speaker sehingga berpotensi menurunkan kualitas suara.
Tak perlu khawatir, How To Tekno akan membagikan cara mengatasi suara HP hilang agar tidak berdampak kepada kerusakan perangkat ponsel.

Cara Mengatasi Suara HP Hilang di Android

Jika kamu pengguna Samsung, cara mengatasi suara HP yang tiba-tiba hilang karena suatu hal, bisa dilakukan dengan beberapa metode di bawah ini yang dilansir dari situs samsung.com:

1. Lepas Perangkat Eksternal

Pertama, lepaskan apa pun yang dicolokkan ke bagian jack headphone, seperti tongkat selfie atau headphone. Selain itu, lepaskan semua casing atau penutup pelindung yang dapat mematikan suara atau menghalangi speaker.

2. Cek Koneksi Bluetooth

Audio HP kamu mungkin dialihkan jika HP terhubung melalui Bluetooth ke headphone nirkabel atau speaker nirkabel. Cek dengan cara berikut ini:
  • Buka ‘Pengaturan’, lalu ketuk ‘Koneksi’.
  • Ketuk ‘Bluetooth’.
  • Jika HP ternyata terhubung ke perangkat lain melalui Bluetooth, audio mungkin diputar melalui perangkat lain. Periksa dan lepaskan perangkat lain jika memang lebih suka memutar audio melalui speaker HP.

3. Naikkan Volume – Cara Mengatasi Suara Handphone Hilang

Periksa untuk memastikan bahwa HP tidak dimatikan secara tidak sengaja. Jika suara tidak cukup keras selama panggilan, coba maksimalkan volume ke level tertinggi.
Selama panggilan, tekan tombol volume naik di samping HP atau dapat menguji suara dari menu pengaturan di HP Samsung seperti tutorial berikut ini:
  • Buka ‘Pengaturan’, lalu ketuk ‘Suara dan getaran’.
  • Ketuk ‘Volume’.
  • Geser bilah untuk menyesuaikan volume ke tingkat pilihan sesuai dengan kebutuhanmu untuk setiap jenis suara.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul Pada Perangkat Android

Itu dia cara mengatasi suara HP hilang di Android yang bisa kamu lakukan. Semoga berhasil.

Share.

Leave A Reply