Sosial Media, RANCAH POST – Warganet ramai membicarakan sebuah video menayangkan sejumlah pegawai desa antarkan jenazah warga yang meninggal ke pemakaman.

Para pegawai desa sampai harus turun tangan diduga karena tetangga dan keluarga enggan mengantarkan jenazah tersebut ke liang lahat.

Video detik-detik saat pegawai desa antarkan jenazah ke pemakaman itu awalnya diunggah oleh akun TikTok @liliwinata, lalu di-repost oleh akun lainnya, salah satunya akun Instagram @terangmedia.

Dalam video berduarsi singkat itu terlihat beberapa perangkat desa sedang menggotong keranda jenazah ketika menuju ke pemakaman.

Kemudian, seorang wanita yang juga merupakan pegawai desa tampak berjalan paling depan sambil menaburkan bunga di sepanjang jalan ketika jenazah melintas.

Perekam video pun terdengar berjalan sambil terus melafazkan kalimat ‘Laa ilaaha iallahhah muhammadur rasulullah’.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa semua petugas iring-iringan jenazah itu terdiri dari pegawai desa.

Biasanya yang menggotong keranda jenazah adalah keluarga atau para tetangga sekitar. Berdasarakn narasi yang tertulis di video, jenazah tidak ada yang mengantar, tetangga dan keluarga almarhum enggan mengantarkan jenazah ke pemakaman.

Sehingga jenazah itu diangkat pegawai desa, dan diantarkan untuk di kuburan di Tempat Pemakaman Umum (TP) di daerah tersebut.

“Bukan cerita Indonesia, ini nyata. Tadi siang meninggal gak ada yang nganterin, sampe perangkat desa yang nganterin ke makam. Semoga kita nanti semua meninggal dalam keadaan baik, husnul khotimah dan banyak yang mendoakan,” tulis keterangan di video.

Berdasarkan narasi yang ditulis akun @terangmedia, menurut pemilik video, kabar meninggalnya jenazah sudah diumumkan. Namun para tetangga tidak ada yang mendengar sehingga perangkat desa yang turun tangan.

Semasa hidupnya, almarhum disebut tidak pernah datang untuk melayar ketika ada tetangga yang meninggal dunia.

Sementara itu, lokasi video pegawai desa antarkan jenazah ke pemakaman itu berada di Desa Kedak, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Warganet pun meramaikan kolom komentar unggahan tersebut dengan berbagai tanggapan. Lihat videonya di sini.

tennyg_henk, “Inalilahi semoga husnul khotimah di terima iman islam nya di ampuni segala dosa nya aamiiiiin.”

ipljja7926, “Intinya,,,kita kembalikan kepribadi msng2,,,apakah tetap uang d atas segalanya,,,”

yuzufaaa, “Aap gak ada kerabat/famili, kok pe hanya perangkat desa yg nguburin???”

sensenkage1908, “info masih setengah setengah gini membuat orang bersepekulasi yg ngga ngga.”

Terbaru, akun @liliwinata telah menghapus video tersebut dari akunnya, ia juga meminta maaf kepada warga Desa Kedak dan keluarga almarhum atas video yang ia unggah.

“Video Sudah saya hapus. saya minta maaf. pada seluruh warga nu. warga kedak. seluruh perangkat desa. Dan keluarga almarhum mas partono. alfatekah.. sekali lagi saya minta maaf,” tulisnya.

BACA JUGA: VIRAL Video Rombongan Pengantar Jenazah Lewati Tenda Pernikahan, Acara Sempat Ditunda

Namun sayang, akun tersebut tak memberi penjelasan lebih lanjut terkait dirinya yang tiba-tiba meminta maaf atas video tersebut.

Share.

Leave A Reply