Sosial Media, RANCAH POST – Media sosial sempat diramaikan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihat pengendara mobil berplat dinas todongkan pistol ke pengendara lain saat melintas di Tol Jagorawi, Cipayung, Jakarta Timur.

Video tersebut direkam pengendara lain yang melaju di belakang kedua mobil itu. Meski bagian plat nomornya di blur, namun cukup terlihat jelas bahwa mobil yang dikendarai seseorang yang todongkan pistol itu berplat merah.

Dalam video, mobil berplat merah itu hendak mendahului mobil lain. Namun ia tak kunjung diberi jalan hingga akhirnya mengeluarkan benda diduga pistol dan mengarahkannya ke mobil yang hendak disalip.

Kejadian tersebut terjadi di Tol Jagorawi arah Bogor ke Jakarta pada Minggu, 18 September 2022 pukul 14.42 WIB.

Setelah video tersebut beredar, aparat kepolisian pun langsung melakukan penyelidikan. Dan diketahui bahwa pengendara yang todong pistol ke pengendara lain itu adalah anggota TNI.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Pembinaan Penegakan Hukum (Dirbin Gakkum) Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI Kolonel Laut Khoirul Fuad mengatakan, bahwa anggota TNI yang todong pistol ke pengendara lain itu berinisial RS. RS bertugas di Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

“Jadi untuk kendaraan itu berpelat nomor Kementerian Pertahanan. Namun, yang mengemudikan dari prajurit TNI,” kata Fuad.

Kini, lanjut Fuad, anggota TNI itu sedang diperiksa oleh petugas di bagian pengamanan Kemenhan. Puspom TNI masih menunggu prajurit tersebut diserahkan oleh pihak Kemenhan.

Sehingga pihaknya masih belum bisa menjelaskan secara terperinci mengenai kronologi oknum TNI yang menodongkan pistol itu.

“Sudah diamankan dari Kemenhan. Sekarang ini masih pemeriksaan pendahuluan dahulu. Terus nanti baru akan diserahkan, kami juga berkoordinasi dengan kabag PAM Kemenham,” kata Fuad.

“Dia kan prajurit TNI ya, nah untuk kewenangannya dari Puspom TNI. Setelah selesai dari sana, nanti akan dilimpahkan,” katanya lagi.

Atas kejadian ini, juru bicara Kemenhan Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan permintaan maaf.

“Kami atas nama Kemhan tentu memohon maaf kepada masyarakat atas perilaku tidak patut yang bersangkutan, dan Kemhan berterima kasih kepada masyarakat yang telah aktif mengawasi perilaku personel Kemhan,” kata Dahnil.

BACA JUGA: Viral Aksi Pengendara Mobil Plat Merah Todongkan Pistol ke Pengendara Lain di Tol

Dahil mengatakan, pelaku akan segera diproses secara hukum di internal Kementerian Pertahanan. Selain itu, personel RSjuga akan segera dikembalikan ke Mabes TNI untuk diproses lebih lanjut.

Share.

Leave A Reply