RANCAH POST – Hadir untuk meramaikan persaingan di kelas menengah, Vivo Y22 menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan yang wajib dipertimbangkan oleh para konsumen di Indonesia sebelum membelinya.

Baik tampilan depan maupun tampilan belakangnya Vivo Y22 tampak begitu identik dengan Vivo Y35 yang telah lebih dulu dirilis di Indonesia.

Untuk mengenalnya lebih dekat, silahkan simak pembahasan kekurangan dan kelebihan Vivo Y22 berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y22

Kelebihan

Desain Stylish dan Tahan Air

Vivo Y22 tampil stylish dengan bodi elegan dalam tiga pilihan warna trendy, yaitu Starlite Blue, Metaverse Green dan Summer Cyan yang menggunakan teknologi Dynamic Color dan dilengkapi teknologi Crystalline Matte yang tahan terhadap goresan serta sidik jari.

Selain itu, bodi ponsel ini juga telah mengantongi sertifikasi rating IP5X untuk ketahanan terhadap debu dan IPX4 yang membuatnya kebal cipratan air.

Layar Luas

Penerus dari Vivo Y21 ini mengadopsi layar IPS LCD berukuran 6.55 inci yang dilengkapi teknologi Sunlight Screen serta menawarkan tingkat kecerahan hingga 530 nits.

Hal itu membuktikan kalau layar smartphone satu ini dapat menampilkan konten secara jelas dan imersif meski digunakan di bawah sinar matahari.

Prosesor Ngebut

Tak hanya menjual desain, performa yang ditawarkannya juga sangat mengesankan. Ponsel ini mengandalkan chipset MediaTek Helio G85 yang sudah didukung teknologi MediaTek HyperEngine untuk memaksimalkan performa ponsel agar lebih lancar dan cepat saat digunakan.

Bukan hanya teknologi HyperEngine, chipset Helio G85 turut membawa fitur kekinian lain seperti kamera AI luar biasa untuk hasil foto optimal, Voice Wakeup (VoW) untuk meminimalkan penggunaan daya, dan kemampuan dual SIM 4G untuk konektivitas yang lebih handal.

Kapasitas RAM Bisa di Upgrade

Vivo Y22 hadir Indonesia dalam satu varian memori, yakni RAM 4 GB dan internal 64 GB yang merupakan standar untuk sebuah ponsel menengah.

Tapi menariknya, kapasitas RAM pada ponsel ini dapat diperluas atau ditambah menjadi 6 GB berkat dukungan fitur Extended RAM 2 GB yang meminjam sebagian ruang kosong dari memori internal.

Selain itu, Vivo Y22 juga dibekali triple card slot dimana salah satunya berfungsi untuk memasangkan kartu microSD yang support hingga 1 TB.

Baterai Bongsor

Kelebihan Vivo Y22 yang berikutnya ada pada sektor daya. Ya, perangkat ini mengemas baterai 5.000 mAh yang dapat bertahan lebih lama berkat teknologi AI Power Saving serta Fast Charging 18W.

Bukan cuma itu saja, baterai Vivo Y22 juga dilengkapi dengan teknologi Vivo Energy Guardian (VEG) yang dapat membuat penggunaan baterai menjadi lebih efisien.

Baterai ini bahkan bisa pula dimanfaatkan untuk mengisi daya ponsel lain saat kondisi darurat lantaran memiliki fitur reverse charging.

Pihak Vivo Indonesia mengklaim bahwa baterai Vivo Y22 dapat bertahan selama 20 jam untuk memutar video YouTube atau 6 jam bermain game PUBG Mobile.

Kamera Jernih

Vivo Y22 dianugerahi pengaturan kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan macro 2 MP. Sementara untuk selfie disediakan kamera 8 MP di bagian depan.

Baik kamera depan maupun kamera belakangnya sudah dibekali berbagai fitur pemotretan seperti Night Mode, Portrait, Bokeh, Macro, Pano, Live Photo, Slo-Mo, Time-Lapse, Pro, Dokumen, dan Eye Autofocus.

Kekurangan

Resolusi layar Vivo Y22 masih HD+ (720 x 1.612 piksel). Bisa dibilang ini merupakan kekurangan terbesar yang dimiliki oleh Vivo Y22.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 Plus, Beli atau Skip?

Apalagi sekarang ini sudah banyak ponsel bikinan perusahaan lain yang sudah menawarkan layar FHD+ di harga rentan harga yang sama dengan Vivo Y22. Selain itu, fitur NFC juga tidak bisa ditemukan di HP ini.

Share.

Leave A Reply