Berita Nasional, RANCAH POST – Kecelakaan beruntun terjadi di ruas tol Pejagan-Pemalang, Brebes pada Minggu, 18 September 2022 sore. Sedikitnya ada 13 kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut di Km 253 jalur A atau arah Semarang itu.

Akibat kecelakaan beruntun itu, satu orang dikabarkan meninggal dunia dan 19 orang lainnya mengalami luka-luka.

Seorang korban tewas itu diketahui bernama Muhammad Singgih Adika, anak dari Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kjaksaan Agung, Amir Yanto.

Saat itu korban menggunakan Honda Civic berwarna silver bernopol AG 1870 ME sendirian. Mobil tersebut ringsek setelah menabrak truk boks dari belakang disusul tabrakan kendaraan lain dari belakang.

Penyebab kecelakaan beruntun di Tol Pejagan-Pemalang diduga dipicu jarak pandang yang terbatas akibat asap yang muncul di tepi jalur tol tersebut.

Sejumlah pengendara terganggu karena asap pembakaran tersebut, sehingga jarak pandang berkurang dan terpaksa mengerem mendadak.

Hal itu membuat beberapa kendaraan tertabrak truk dari arah belakang. Sementara kendaraan lain yang mencoba menghindari kecelakaan tersebut justru menabrak pembatas jalan.

Dikutip dari Detik.com, Manager Operasional Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR), Ian Dwinanto mengatakan, penyebab kecelakaan beruntun itu akibat jarak pandang berkurang lantaran asap tebal.

Asap tebal itu pun menyebar ke badan tol sehingga diduga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan beruntun. Asap putih tebal itu diduga berasal dari lahan yang sengaja dibakar.

“Sumber kebakaran bukan dari puntung rokok, tapi dari lahan yang dibakar secara sengaja oleh petani sekitar wilayah tol,” kata Ian kepada detikJateng.

Lebih lanjut, Ian menjelaskan bahwa pembakaran lahan areal sawah biasa dilakukan petani menjelang masa tanam baru.

Sebelum kejadian ini, kata Ian, pihaknya telah mengantisipasi dengan melakukan sosialisasi kepada para pemilik lahan pertanian untuk tidak melakukan pembakaran lahan di areal pesawahan yang mengapit jalur tol karena sangat berbahaya bagi pengendara yang melintas.

Sebelumnya, kecelakaan beruntun di Tol Pejagan melibatkan sekitar 13 kendaraan.

BACA JUGA: Kisah Pilu Anak SD Korban Kecelakaan Truk di Bekasi, Meninggal Tepat di Hari Ulang Tahun

Di antaranya Toyota Fortuner H 1236 IP, Toyota Avanza B 1674 EVM, Toyota Avanza H 8538 YP, Honda civic AG 1870 ME, Mitsubishi Expander AB 1125 UP, Kijang Innova G 9133 QC, Suzuki Ertiga B 1781 DS, Toyota Calya B 1466 UIK, truk boks B 9076 UCG, Daihatsu Xenia B 1301 BK. Kemudian juga Mitsubishi Expander H 8538 YP, Chevrolet spin D 1782 XU, dan Kijang Innova B 1674 EVM.

Share.

Leave A Reply