Cara mengetahui jenis font dari suatu gambar atau objek bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi ketika dan beberapa situs web penyedia jasa layanan tersebut.

Mengetahui jenis font wajib kamu lakukan saat akan membuat desain grafis, dimana jenis font menjadi pokok utama karena hal tersebut akan mempercantik desain yang kamu buat.

Font juga harus kamu ketahui saat akan membuat desain untuk suatu logo atau tanda pengenal agar sama persis, sesuai keinginan penggunanya

Tak hanya itu, bentuk dan jenis font juga sangat mempengaruhi pada kejelasan pesan atau tulisan yang kamu sampaikan agar mudah dibaca.

Seperti kita ketahui, saat ini ada ribuan jenis font dalam bentuk bervariasi. Hal tersebut kadang membuat penggunanya lupa atau keliru saat akan membuat tulisan serupa dengan font yang sama.

Tapi tenang saja, kamu tak akan salah memilih jenis font, karena kini sudah hadir trik khusus untuk mengetahui jenis font yang kamu inginkan.

Ingin tahu caranya? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Jenis-Jenis Font

Dalam dunia desain grafis, font sudah dikelompokan dengan jenis-jenis yang berbeda.

Agar Anda tidak menyebutkan alangkah baiknya sahabat Qwords perlu tahu dulu jenis-jenis font berikut ini:

  1. Serif – Font yang memiliki ciri berkaki, bisa dilihat pada bagian bawah sudut huruf melebar seperti kaki. Contohnya Rockwell, Times New Roman, Georgia dll
  2. San Serif – Font yang memiliki ciri tanpa kaki, kebalikan dari keluarga Serif. Contohnya Comic Sans, Helvetica, Verdana, Segoe UI dll
  3. Display – Font yang digunakan untuk display/dekoratif agar lebih menarik. Contohnya seperti  Rosewood, Grunge, Doodle, Umbram Bermuda dll
  4. Script – Font yang memiliki ciri seperti tulisan tangan. Contohnya Vivaldi, Segoe script, Lucida handwriting dll.
  5. Slabserif – Font yang memiliki ciri khas blok tebal pada setiap hurufnya. Contohnya Arvo, BioRhyme, Bitter, Copse dll.
  6. Hand Drawn – Font yang dibuat menggunakan tulisan tangan, jadi bentuknya lebih natural. Contohnya Amatuc, Architects, Belligerent, Beth dll
  7. Comic – Font ini memiliki ciri khas seperti font yang ada di komik bacaan. Contohnya KG Happy, Hey Comic, Who Dares?, Badadoom dll

BACA JUGA: Cara Mengubah Font di Bio IG

Cara Mengetahui Jenis Font

Jika kamu sudah mengetahui beberapa jenis font, kita akan masuk ke opsi cara mengetahui jenis font, berikut beberapa cara diantaranya:

Font Squirrel

Pertama, kamu bisa menggunakan situs font squirrel untuk mengetahui jenis font dari suatu gambar. Cara menggunakan situs ini cukup mudah, berikut secara lengkapnya:

  • Pertama-tama kunjungi situs Font Squirrel melalui aplikasi browser yang kamu miliki. Pastikan kamu memiliki koneksi jaringan internet yang stabil untuk membukanya.
  • Setelah halaman pertama situs tersebut terbuka, klik opsi “Font Identifier”

    Pilih Font Identifier
    Pilih Font Identifier. (IST)
  • Klik Upload Image. Lalu cari gambar yang ingin kamu ketahui jenis font-nya.

    Upload Image
    Upload Image. (IST)
  • Setelah gambar tersebut terunggah, situs squirrel akan mengidentifikasi jenis file atau font yang sesuai dengan gambar.
  • Terakhir, klik opsi ‘Macherate It’ untuk mengetahui jenis font yang sesuai dengan gambar.
  • Nantinya akan muncul, jeni font yang sesuai dengan gambar yang kamu unggah di situs tersebut.

Whats Font Is

Cara mengetahui jenis font selanjutnya, kamu bisa menggunakan situs What Font Is. Dengan menggunakan situs ini, kamu bisa mengetahui jenis font pada suatu objek dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs whatsfontis.com melalui apliaksi browser di perangkat yang kamu gunakan. Kamu bisa membukanya melalui Android atau PC.
  • Pada halaman utama situs tersebut, kamu bisa langsung memasukkan foto yang ingin kamu ketahui jenis font nya.
  • Untuk memasukkan foto klik Drag & Drop foto di kolom yang diinstruksikan.

    Maukkan Gambar atau Objek Huruf
    Maukkan Gambar atau Objek Huruf. (IST)
  • Setelah itu, potong bagian gambar yang memiliki teks dan klik Next Step untuk melanjutkan.
  • Kemudian, masukkan huruf dalam teks yang kamu unggah dan klik Next Step kembali.
  • Terkahir, situs tersebut akan menampilkan beberapa jenis font yang sesuai dengan tulisan pada gambar tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh jenis font tersebut secara langsung melalui situs ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul

Itulah cara mengetahui jensi font yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi jenis font pada suatu gambar atau objek lainnya.

Share.

Leave A Reply