Mau baca novel tanpa harus menginstall aplikasi tambahan? Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi situs baca novel gratis.

Seperti kita ketahui, membaca novel bisa menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan dilakukan ketika punya banyak waktu luang.

Ada banyak judul novel menarik dari berbagai genre, mulai dari yang romantis, fantasy, horror, komedi, sejarah, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, buat kamu yang hobi membaca novel tapi enggan menginstall aplikasi pihak ketiga, bisa pilih salah satu situs membaca novel di bawah ini.

Daftar Situs Baca Novel Terbaik

Berikut ini situs-situs yang menyediakan berbagai judul novel yang seru untuk dibaca. Untuk mengetahui satu persatu situsnya, silakan simak pembahasannya sampai dengan selesai ya, guys!

NovelToon

NovelToon
NovelToon. (IST)

Bagi penyuka novel, pastinya sudah tak asing dengan situs yang satu ini, yakni NovelToon. Di NovelToon, kamu bisa mengakses berbagai novel populer yang pasti cerita-ceritanya seru.

Situs ini juga memiliki banyak keunggulan, salah satunya punya beragam kategori yang lengkap dan gratis untuk dibaca. Selain itu, terdapat juga pilihan bahasa Indonesia sehingga memudahkan kita dalam membacanya.

Namun tak semua novel di NovelToon gratis, ada beberapa novel yang bersifat premium sehingga harus melakukan pembayaran untuk bisa membacanya secara keseluruhan.

Wattpad – Situs Baca Novel

Wattpad Situs Baca Novel
Wattpad. (IST)

Sebenarnya, Wattpad adalah tempat bagi para penulis untuk membagikan karya-karya mereka seperti cerpen, artikel, puisi, novel dan lainnya.

Di sinilah penulis dan pembaca bertemu, mereka bisa tergabung dalam komunitas bersama untuk berdiskursi terkait karya mereka.

Di dalam situs ini, terdapat ribuan novel dengan berbagai genre. Kamu bisa memilih sesuai keinginan, apakah mau novel bergenre horror, romantism fiksi ilmiah, faransi, komedi atau yang lainnya.

BACA JUGA: Situs Baca Manhwa Legal di Aplikasi Browser

NovelPlus

NovelPlus
NovelPlus. (IST)

Sesuai namanya, situs ini menyajikan novel dari berbagai genre yang pastinya menarik untuk dibaca. Selain itu, NovelPlus juga merupakan platform untuk penulis membagikan tulisan mereka.

Terdapat fitur berbagai yang memungkinkan penggunanya untuk merekomendasikan novel yang bagus kepada orang-orang terdekat.

Beberapa genre novel yang ada di situs ini adalah romantis, fanfiction, faransi, sci-fi, misteris, dan lain sebagainya.

Storial – Situs Baca Novel

Storial Situs Baca Novel
Storial. (IST)

Situs berikutnya adalah Storial yang recommended untuk membaca novel secara online di ponsel tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.

Selain menyediakan berbagai jenis cerita secara menarik, Storial juga menyediakan kategori ebook yang jumlahnya sekitar 50 ribu judul.

Salah satu fitur keren yang dimiliki Storial adalah fitur audio story, di mana pengguna bisa mendengarkan karya novel atau cerita yang tersedia.

Storial juga memudahkan pengguna untuk membaca sekaligus juga menulis novel. Sehingga sangat bermanfaat bagi pengguna baru yang ingin berkarya membuat novel.

iJakarta

iJakarta
iJakarta. (IST)

Merupakan perpustakaan digital pertama yang dikembangkan pemerintah DKI Jakarta, iJakarta pun menjadi situs baca novel selanjutnya yang bisa kamu pilih.

Tidak hanya novel populer, tersedia juga kategori buku lainnya seperti sejarah, biografi, kesehatan, anak-anak, agama, lingkungan, dll.

Akan tetapi, untuk membaca novel atau buku di iJakarta, pengguna harus meminjam dan mendownload-nya terlebih dahulu.

Maksimal waktu peminjaman adalah 3 hari, jika melebihi maka buku akan langsung ditarik kembali. Satu buku hanya bisa dibaca satu peminjam, jadi harus sabar antre ya, guys.

iPusnas

iPusnas
iPusnas. (IST)

Situs baca novel berikutnya bernama iPusnas. Sebagai informasi, iPusnas memiliki sistem yang tidak jauh berbeda dengan iJakarta.

Kamu harus meminjam dan mengunduh buku terlebih dahulu. Kamu bisa meminjam buku selama tiga hari denga maksimal buku yang dipinjam adalah 3 buku.

Terdapat berbagai jensi buku yang terbagi menjadi beberapa kategori. Kamu juga bisa membaca novel lho di perpustakaan digital ini, meski tak selengkap situs baca novel lainnya.

Inkitt

Inkitt
Inkitt. (IST)

Inkitt juga tak kalah bagus dari beberapa situs membaca novel yang sebelumnya sudah dibahas. Kamu pun bisa mengaksesnya untuk membaca berbagai judul novel.

Genre novel yang disediakannya cukup lengkap, mulai dari thriller, misteri, drama, romansa, petuangalan, hingga fantasi bisa kamu temukan di Inkitt. Hanya saja, novel yang tersedia di situs ini berbahasa Inggris.

BACA JUGA: Aplikasi Baca Novel Offline Paling Top dan Gratis Diakses

Itu dia, beberapa situs baca novel terbaik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply