Meskipun WhatsApp sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi end-to-end tapi hal tersebut tidak menjamin karena bisa ada celah untuk seseorang yang kepo dan ingin melirik isi pesanmu, untuk itu kamu harus mengetahui cara cek WhatsApp Web.

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan WhatsApp Web, dimana layanan ini biasa digunakan seseorang untuk menggunakan WhatsApp di perangkat lain dengan akun yang sama tanpa harus login yang menyebabkan WhatsApp di HP utama keluar dengan sendirinya.

Untuk kamu yang sering login menggunakan WhatsApp Web versi browser kamu harus berhati-hati, kamu harus sering melihat WhatsApp kita dibajak atau tidaknya untuk menghindari privasi bocor.

Jika hal tersebut terjadi, tentunya akan sangat merugikan, apalagi jika pesan WhatsApp kamu memuat hal yang penting, baik itu mengenai bisnis, atau hal pribadi yang bersifat privasi.

Meskipun hal ini jarang terjadi, tapi kamu harus sudah bisa mengantisipasi hal tersebut, agar kamu bisa segera mengamankan akun dengan mengganti passwordnya.

Untuk mengetahui cara cek WhatsApp Web kamu dibajak atau tidaknya, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara Cek WhatsApp Web Dibajak

Muncul SMS Kode OTP

Tidak melakukan verifikasi pada akun apapun tapi muncul SMS kode OTP? Kamu harus berhati-hati karena bisa saja itu berasal dari seseorang yang berusaha membobol akun WhatsApp.

OTP tau One Time Password merupakan  lapisan verifikasi keamanan yang biasa muncul saat seseorang akan mengakses layanan digital tertentu, salah satunya WhatsApp.

Jika kamu mendapatkan kode OTP ini, padahal sedang tidak melakukan login ke aplikasi apapun yang berkaitan dengan nomor HP, terutama WhatsApp, bisa saja ada orang lain yang sedang berusaha masuk ke akun WhatsApp kamu.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dengan tautan asing yang mengarahkanmu untuk membuka WhatsApp karena hal tersebut menjadi salah satu metode baru untuk mengambil alih akun WhatsApp kamu.

WhatsApp Logout secara Tiba-Tiba – Cara Cek WhatsApp Web

WhatsApp logout atau keluar sendiri juga bisa menjadi tanda WhatsApp kamu dibajak, karena sekalipun kamu login menggunakan WhatsApp Web.

Hal ini biasanya terjadi saat kamu menggunakan nomor WhatsApp yang sudah tidak aktif lagi karena biasanya provider akan me-recycle nomormu untuk dijual kembali dan digunakan oleh orang lain.

Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu menggunakan nomor WhatsApp dengan nomor yang aktif dan kamu gunakan.

Status Online Padahal Kamu Sedang Tidak Membuka WhatsApp

Kamu juga bisa mengecek nomor WhatsApp kamu melalui HP orang lain. Jika kamu sedang tidak membuka aplikasi WhatsApp tapi nomor WA kamu online, kamu harus mencurigai-nya karena bisa saja WhatsApp kamu dibajak.

Jika hal tersebut terjadi, kamu bisa segera mengganti password dan menyalakan two step verification sebagai langkah keamanan.

Daftar Perangkat Tertaut

Cara cek WhatsApp Web dibajak paling mudah terakhir yang bisa kamu coba yaitu dengan mengecek perangkat tertaut melalui aplikasi WhatsApp yang kamu miliki.

Kamu bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan, dan pilih perangkat tertaut. Pada menu tersebut kamu bisa melihat akun yang tertaut atau akun siapa yang menyadap akun WhatsApp kamu.

BACA JUGA: Cara Download File di WhatsApp yang Sudah Lama

Nah, itu dia cara cek WhatsApp Web dibajak yang bisa kamu lakukan. Untuk menghindari pembajakan akun WhatsApp kamu bisa menerapkan verifikasi dua langkah untuk menggunakannya.

Share.

Leave A Reply