Ingin menghapus akses akun aplikasi yang terhubung secara otomatis dengan Gmail? kamu bisa menggunakan cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail.

Seperti kita ketahui kini beberapa aplikasi bisa digunakan dengan daftar menggunakan akun Gmail, dimana kamu hanya bisa mensinkronisasikannya di pengaturan aplikasi.

Semakin seringnya kamu menginstall aplikasi, maka semakin banyak pula akun Gmail terakses, hal tersebut juga memiliki resiko besar, dimana pencurian data lebih mudah dilakukan.

Apalagi sekarang ini banyak aplikasi yang berkedok hiburan atau sejenisnya di Play Store yang bekerja untuk mencuri data akun pribadi kamu melalui akun Google.

Sebelum kamu menghapus akses, kamu harus mengetahui, akun dari aplikasi mana saja yang mengakses Gmail kamu secara otomatis agar kamu bisa lebih mudah untuk menghapus akses tersebut.

Jika kamu ingin melihat akun yang tertaut dengan Gmail, kamu bisa melihatnya dengan membuka akun Google.

Untuk mengetahui bagaimana cara melihat akun yang terhubung dengan gmail, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mengganti Nama Akun Gmail

Cara Melihat Akun yang Terhubung dengan Gmail

Buka Akun Google

Pertama kamu hanya perlu membuka akun Google di perangkat yang kamu gunakan, kamu harus memiliki koneksi jaringan internet untuk mengaksesnya.

Gmail merupakan salah satu layanan atau fitur yang dimiliki oleh. Maka tak heran jika untuk mengetahui akun apa saja yang menggunakan Gmail, kamu bisa melihatnya melalui akun Google.

Buka Menu Keamanan

Jika kamu sudah berhasil masuk ke akun Google yang kamu miliki. Kamu bisa langsung masuk menu keamanan.

Pada bagian tersebut kamu bisa cari menu keamanan yang menunjukan aplikasi pihak ketiga, dimana pada menu tersebut kamu bisa melihat akun pada aplikasi apa saja yang mendapat akses ke Gmail.

Periksa Akun yang Tertaut dengan Gmail

Untuk melihat semua akun yang tertaut, kamu bisa klik tulisan “Kelola Akses Pihak Ketiga”. Pada menu tersebut kamu bisa melihat akun apa saja yang tertaut.

Pada bagian akun yang tertaut, kamu juga bisa melihat informasi lainnya yang cukup detail, mulai dari kapan akun ditautkan, akses apa saja yang diberikan dan opsi penghapusan akses pada akun aplikasi tersebut.

Cara Menghapus AKun yang Terhubung dengan Gmail

Buka Akun Google

Sama dengan cara sebelumnya, kamu bisa mengakses akun Gmail dengan buka Google terlebih dahulu. Untuk mempermudah proses penghapusan akun kamu bisa membuka akun melalui browser.

Jika akun sudah terbuka kamu bisa klik opsi “Kelola Akun” untuk mulai menghapusnya.

Kelol Akun Gmail
Kelol Akun Gmail. (IST)

Buka Menu Keamanan

Pilih Menu Keamanan
Pilih Menu Keamanan. (IST)

Selanjutnya, kamu tinggal buka menu Keamanan pada menu yang tersedia. Pada tab tersebut, cari akun aplikasi yang menggunakan akses ketiga ke akun Gmail.

Periksa Akun yang Tertaut dengan Gmail

Untuk melihat semua akun yang terhubung dengan Gmail, kamu bisa memeriksa informasi mengenai akun tersebut. Kamu bisa pilih menu “Login ke Situs Lain” untuk menemukan akses aplikasi pada Gmail.

Jika dirasa tidak dipentingkan kembali kamu bisa klik opsi “Hapus Akses” untuk menghapus sinkronisasi otomatis dari akun tersebut ke Gmail kamu.

Hapus Akses
Hapus Akses. (IST)

BACA JUGA: Cara Mengganti Nomor Telepon di Gmail

Nah, itulah cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail yang bisa kamu coba. Semoga membantu

Share.

Leave A Reply