Berita Nasional, RANCAH POST – Seorang pilot pesawat Citilink meninggal dunia setelah mendarat darurat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya pada Kamis, 21 Juli 2022.

Mendiang adalah Captain Boy Awalia Asnil, pilot maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QG 307 tujuan Surabaya-Makassar (SUB-UPG).

Dikutip dari prfmnews.pikiran-rakyat.com, Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai menjelaskan kronologi pilot pesawat Citilink yang meninggal dunia setelah kembali mendarat darurat di Bandara Juanda.

Dewa mengatakan, pesawt Citilink lepas landas dari Bandara Juanda pukul 06.00 WIB. Setelah sekitar 15 menit mengudara, pesawat itu kembali dan mendarat lagi di Bandara Juanda dengan alasan piloy mengalami darurat kesehatan.

“Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat,” ujarnya, dikutip ANTARA.

Saat itu, lanjut Dewa, petugas darat bersama seluruh pemangku kepentingan di Bandara Juanda sudah melakukan penanganan evakuasi darurat kesehatan pilot sesuai prosedur.

Captain Boy Awalia, pilot Citilink yang mengalami masalah kesehatan itu langsung ditangani oleh dokter di rumah sakit terdekat. Namun ia dinyatakan meninggal dunia.

“Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia,” katanya.

Mengenai kondisi kesehatan pilot, Dewa mengatakan PT Citilink Indonesia menyatakan kondisi Captain Boy Awalia sebelum bertugas dalam kondisi fit dan laik terbang.

Hal itu karena seluruh crew yang bertugas terlebih dahulu melakukan pengecekan kesehatan sebelum melakukan penerbangan.

Petugas Citilink Indonesia di Surabaya pun, lanjut Dewa, telah memberikan informasi dan penjelasan kepada penumpang terkait kondisi yang terjadi.

Citilink Indonesia juga melakukan penggantian pesawat serta seluruh kru, demi memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Pesawat pun akhirnya kembali melakukan penerbangan setelah sempat tertunda beberapa jam.

Dewa menambahkan, manajemen Citilink Indonesia mengucapkan turut berbela sungkawa atas kepergian Captain Boy Awalia.

BACA JUGA: Ditegur Ibu-ibu di Dalam Pesawat, Wanita ini Malah Bersikap Tak Sopan: Bacot!

Jenazah Captain Boy pun segera diterbangkan ke Jakarta untuk dimakamkan. Diketahui, Captain Boy dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Proses pemakaman selesai sekitar pukul 20.43 WIB.

Share.

Leave A Reply