Berita Ciamis, RANCAH POST – Sebanyak 5 unit rumah di Kampung Adat Kuta, Dusun Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hangus terbakar pada Senin, 11 Juli 2022 sore.

Penyebab kebakaran di Kampung Adat Kuta itu diduga akibat cipratan api dari pembakaran sampah yang merembet ke salah satu rumah milik warga sebelum akhirnya ke rumah-rumah lainnya.

Dilansir dari Tribbunews.com, kelima rumah yang ludes dilalap si jago merah itu diketahui merupakan milik Ki Warsim (Ketua Adat Kuta), Saryo, Tatang Boneng, Dasman, dan rumah Ki Carla.

Kasatpol PP Ciamis, Uga Yogaswara SSTP MSi mengatakan, api diduga berasal dari pembakaran sampah di belakang salah satu rumah korban.

”Api diduga berasal dari pembakaran sampah dari belakang rumah salah seorang warga,” kata Uga Yogaswara mengungkap penyebab kebakaran di Kampung Adat Kuta.

Pada sore hari sebelum kejadian, seorang warga membakar sampah di belakang rumahnya. Lalu, ia meninggalkan pembakaran sampah itu dan masuk ke dalam rumahnya.

Kemudian, tiba-tiba ada angin kencang yang membuat api pembakaran sampah membesar dan beterbangan ke atas atap. Api dengan mudah membesar melalap atap dari ijuk.

Api semakin membesar dan dengan cepat menjalar ke rumah lain yang jaraknya cukup berdekatan. Terhitung ada 5 rumah warga berikut isinya yang hangus terbakar dalam kejadian ini.

Pihak pemadam kebakaran (damkar) yang menerima laporan adanya kebakaran ini langsung datang ke lokasi untuk memadamkan api.

Diketahui, Satpol PP Ciamis mengerahkan 3 unit mobil ke lokasi kejadian, yakni 1 mobil pancar dan 1 mobil tangki pensuplai air dari Pos WMK Rancah dan 1 mobil pancar dari Pos WMK Kawali.

Pada sekitar pukul 20.45 WIB, proses pemadaman api selesai dan dinyatakan aman. Seluruh unit mobil damkar pun ditarik kembali.

Proses pemadaman kebakaran di Kampung Adat Kuta, Tambaksari, Ciamis itu juga melibatkan warga, perangkat desa, personel dari Polsek dan Koramil Rancah serta relawan Tagana.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Semua warga pemilik rumah sudah dievakuasi ke tempat aman. Sementara itu, terkait kerugian yang terjadi akibat kebakaran itu, Uga menyebut kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta.

BACA JUGA: Kebakaran Melanda Sejumlah Rumah di Kampung Adat Kuta Ciamis

BPBD Ciamis diketahui sudah menyerahkan sejumlah bantuan darurat untuk para korban kebakaran, mulai dari sembako, selimut matras, kitware dan lainnya.

Share.

Leave A Reply