RANCAH POST – Permasalahan charger bawaan hilang atau rusak bisa dibilang sebagai suatu hal yang cukup lumrah terjadi dan bisa dialami oleh semua pengguna smartphone, laptop atau barang-barang elektronik lainnya.

Tapi mirisnya, pada saat ini hampir semua brand-brand smartphone yang sudah sejak lama memasarkan produknya di Indonesia jarang ada yang menyediakan kepala charger original sesuai dengan tipe smartphone pabrikannya, terutama untuk model-model lawas.

Sulitnya mendapatkan adapter charger original untuk ponsel yang kita miliki memang sangatlah menjengkelkan. Nah, satu-satunya solusi terbaik untuk mengganti charger bawaan yang mungkin sudah rusak atau bahkan hilang entah kemana adalah dengan membelinya dari perusahaan pihak ketiga yang memang sudah teruji harga dan kualitasnya.

Sejauh ini ada begitu banyak perusahaan yang menawarkan produk charger alternatif yang punya kualitas setara dengan charger asli bawaan gadget, salah satunya adalah Baseus 65W Gan 3 Pro Fast Charger.

Spesifikasi Baseus 65W GaN 3 Pro

Baseus dikenal sebagai salah satu perusahaan penjual aksesoris gadget ternama asal China. Nah, Baseus 65W GaN 3 Pro Fast Charger ini adalah produk ciptaan terbarunya di tahun 2022.

Adapter yang satu ini memiliki tiga buah port yang terdiri dari dua port Type-C dan satu port USB. Menariknya, Baseus GaN 3 Pro telah dilengkapi dengan teknologi BPS (Baseus Power Split) II yang memungkinkan proses pengisian daya tetap berjalan maksimal meski ketiga port-nya digunakan secara bersamaan.

Ukurannya sendiri tidak terlalu besar sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana. Baseus GaN 3 Pro 65W tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru.

Berdasarkan petunjuk pada buku panduan yang terdapat dalam box penjualannya, ketika port Type-C 1 dan port Type-C 2 dipakai bersamaan kecepatan pengisian dayanya masih akan berjalan maksimal di 65W.

Sementara jika ketiga port-nya digunakan dalam waktu yang bersamaan output daya yang dihasilkannya turun menjadi 60W. Kendati begitu, hal ini tetap tidak mempengaruhi performa charging.

Selain buku petunjuk pemakaian, Baseus juga memberikan satu buah kabel USB C to C yang memiliki panjang sekitar 1 meter dengan build quality kokoh yang dibalut nylon braided wire, sehingga kabel tersebut bakalan awet dan tidak mudah rusak.

Kecepatan Pengisian Daya

Untuk mencoba kecepatan pengisian adapter ini, tim Rancah Post mengujinya di HP Samsung Galaxy S9+, Galaxy A30s, dan Oppo Reno4. Percobaan pertama, kami mencoba membandingkan kecepatan charging Baseus GaN 3 Pro dengan charger bawaan Samsung Galaxy S9+ yang mentok di 15W.

Hasilnya, mengisi baterai berkapasitas 3.500 mAh milik Galaxy S9+ dari kondisi 15% hingga 86% cuma perlu waktu 46 menit. Sedangkan saat menggunakan charger bawaan, untuk bisa mengisi daya 80% dari kondisi 15% perlu waktu sedikit lebih lama, yaitu 53 menit.

Selain di Galaxy S9+, kamu turut menguji coba kecepatan pengisian daya Baseus 65W GaN 3 Pro pada HP Samsung lain, yaitu Galaxy A30s.

Di ponsel tersebut proses pengisian daya dari 10% hingga 72% memakan waktu 38 menit, sedangkan ketika dicoba menggunakan charger asli pengisian daya dengan waktu yang sama hanya menghasilkan daya sebanyak 58%.

Selanjutnya, tim Rancah Post kembali mencobanya di Oppo Reno4 yang memiliki baterai 4.015 mAh dengan adapter bawaan berteknologi 30W VOOC Flash Charge.

Menggunakan charger bawaan baterai Oppo Reno4 dapat meningkat 7% dalam waktu 10 menit, sementara dengan Baseus GaN 3 Pro 65W baterai ponsel tersebut mampu bertambah sebanyak 12% dalam kurun waktu 9 menit.

Menariknya, pihak Baseus sudah memberikan note bahwa adapter charger terbarunya ini tidak support VOOC. Tapi hasilnya Baseus GaN 3 Pro punya performa charging yang lebih baik.

Dari hasil uji coba di atas dapat disimpulkan bahwa kecepatan pengisian daya Baseus GaN 3 Pro 65W dua kali lipat lebih cepat dibanding charger bawaan dari masing-masing ponsel.

Harga dan Ketersediaan

Kehadiran Baseus GaN 3 Pro menambah panjang daftar adapter charger berkualitas keluaran dari brand yang satu ini. Terlebih lagi, dalam kotak penjualnya sudah disertakan kabel USB C to C sepanjang 1 meter jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih demi membeli kabel.

BACA JUGA: Aplikasi Penghemat Baterai Paling Ampuh

Bagi yang berminat, adapter tersebut bisa dibeli lewat toko online resmi Baseus Official Store yang ada di Shopee dan juga Tokopedia. Untuk harganya sendiri, Baseus 65W GaN 3 Pro dijual dengan banderol harga Rp 399.000

Share.

Leave A Reply