Cara membuat GIF online merupakan ulasan dari sebuah cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat gambar bergerak.

Menariknya, kini membuat gambar Graphics Interchange Format bisa dilakukan dengan mudah secara online tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan apapun.

Seperti kita ketahui, format Graphics Interchange Format sudah hadir sejak tahun 1990-an dimana format ini biasa digunakan untuk mengirim pesan via SMS agar terkesan lebih seru.

Menariknya format ini masih hadir sampai sekarang , bahkan melengkapi beberapa aplikasi chatting besar, mulai dari atsApp, Line, hingga Telegram.

Tak hanya itu, kini kamu bisa memodifikasi FIG sesuai dengan gambar yang kamu inginkan baik itu dari foto maupun dari gambar kartun karakter.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Kini kamu bisa membuatnya secara mudah di HP Android, iPhone, dan PC, baik secara online atau tanpa aplikasi. Berikut penjelasan selengkapnya!

BACA JUGA: Cara Membuat GIF di Twitter

Apa Itu GIF?

GIF merupakan singkatan dari Graphic Interchange Format yang mendukung gambar atau animasi bergerak dalam waktu yang singkat, tapi bukan video.

Graphic Interchange Format sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan jika dibandingkan dgn gambar bergerak milik PNG dan JPG.

Kelebihan dari Graphic Interchange Format sendiri yaitu memiliki ukuran yang kecil sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk menguploadnya serta tidak akan memerlukan kapasitas server yang besar.

Hanya saja, kemampuan menyimpan warnanya sangat terbatas, yaitu sekitar 256 warna saja. Dimana gambar yang memiliki kompleksitas warna tinggi akan terlihat pecah jika disimpan dalam format ini.

Cara Membuat GIF Online

Cara Membuat GIF di Android

Pertama kamu bisa membuatnya di HP Android Kini sudah banyak aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu GIF Maker. Berikut langkah-langkah membuatnya:

  • Download dan pasang aplikasi GIF Maker di perangkat Android yang kamu gunakan.
  • Lalu buka aplikasi tersebut, dan klik ikon +.
  • Setelah itu, pilih gambar yang akan kamu jadikan Graphics Interchange Format (5-7 gambar).
  • Lalu Save.
  • Selesai, kamu bisa langsung melihat hasil Graphics Interchange Format yang kamu buat di galeri.

Cara Membuat GIF Online Tanpa Aplikasi Tambahan

Selanjutnya kamu bisa membuatnya secara online tanpa aplikasi tambahan. Namun cara ini hanya bisa dilakukan melalui PC atau Laptop.

Ini dia langkah-langkahnya:

  • Pertama siapkan gambar yang akan kamu jadikan Graphics Interchange Format.
  • Buka web pembuat GIF pada URL http://gickr.com/.

    Buka gickr
    Buka gickr. (IST)
  • Pilih Choose File > Tambahkan gambar.
  • Atur kecepatan dan ukuran.
  • Klik Continue > Download.

BACA JUGA: Cara Download Gambar di Pinterest

Demikianlah cara membuat GIF online yang bisa kamu coba dengan atau tanpa aplikasi tambahan Selmat mencoba.

Share.

Leave A Reply