Cara pasang parabola mini sebebanrnya lebih mudah karena ukurannya yang kecil dan bisa dilakukan secara mandiri tanpa banyak tangan.

Akhir-akhir ini pemakaian parabola mini meningkat, karena pemerintah sudah menetapkan beberapa keputusan mengenai channel yang harus ditonton secara berbayar dan hanya tersedia di beberapa layanan saja.

Parabola sendiri merupakan sebuah antena yang akan bekerja khusus untuk menjangkau sinyal tinggi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui radio, televisi hingga RADAR.

Sesuai dengan naamanya, ukuran parabola ini mini, dimaan kamu tidak perlu memiliki ilmu dan teknik khusus untuk memasangnya. Lebih tepatnya kamu bisa mengikuti tutorial yang ada seperti panduan buku atau YouTube.

Nah, jika kamu sering keliru dengan beberapa tutorial yang ada, mungkin ulasan di bawah ini bisa mempermudah kamu untuk memasangnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan di bawah ini.

Cara Pasang Parabola Mini

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk memasang parabola mini. Ini dia langkah-langkahnya:

Memilih Tipe Parabola yang Sesuai dengan Rumah Kamu

Pertama kamu harus membeli parabola mini yang sesuai dengan rumah kamu, hal ini harus dilakukan agar tipe parabola yang kamu beli pas dengan lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, biasanya orang-orang juga mencari parabola dengan harga ramah tapi memiliki kualitas yang mumpuni.

Disini kami menyarankan untuk menggunakan parabola LNB KU, LNB C atau Blind Scan.

Siapkan Peralatan Untuk Pasang  Parabola

Hal selanjutnya yang harus kamu persiapkan yaitu alat-alat untuk memasang parabola mini. Pastikan kamu mengumpukan peralatannya terlebih dhaulu agar tidak bolak-balik mencarinya saat melakukan pemasangan.

Alat yang dibutuhkan berupa obeng, kunci ring dengan ukuran 10, 17 atau 19.

BACA JUGA: Cara Pasang Iklan di TikTok

Tentukan Arah Penyangga Parabola

Sebelum kamu merekatkan baut ke parabola, kamu harus menempatkan tiang parabola ke arah yang tepat. Karena hal ini akan mempengaruhi sinyal yang akan kamu dapatkan.

Pastikan juga parabola tidak terlalu tinggi atau rendah dan pasang di tempat terbuka.

Pasang Dish Parabola

Dish Parabola
Dish Parabola. (IST)

Buka paket dish parabola mini lengkap, rakit dan tentukan lokasi dimana kamu akan memasang parabola mini.

Dish parabola merupakan antena parabola yang bekerja sebagai reflektor antena yang berbentuk wajan melingkar.

Alat tersebut dirancang untuk menerima atau mengirimkan informasi melalui gelombang radio ke atau dari satelit komunikasi.

Sebelum menentukannya pastikan lokasi tersebut tidak terlalu dekat dengan kabel lain agar tiak terjadi konsleting listrik.

Pasang LNB dan Konektor Parabola Mini

Kemudian buka paket Decoder hubungkan ke layar televisi, disini kamu bisa menggunakan konektor RCA atau HDMI agar lebih simpel.

Kabel ini juga yang akan mengantarkan sinyal satelit ke receiver di parabola mini.

Mengatur Satelit

Untuk menyelesaikan langkah ini kamu membutuhkan seorang teman untuk memantau TV.

Cari satelit yang digunakan saja agar tidak rumit. Untuk mengatur satelit kamu harus melihat kuatnya sinyal LNB yang sudah dimiliki.

Untuk memeriksanya kamu bisa lihat kolom bawah dari tampilan TV. Jika kamu menggunakan parabola LNB C band yang diatur di angka 5150 standar dan KU band di frekuensi 9750/10600.

Mengatur Signal

Setelah selesai mengatur posisi satelit, sekarang kamu hanya tinggal mengatur sinyal dan memeriksa beberapa channel di TV kamu.

Untuk mengeceknya kamu bisa menggerakan posisi parabola ke kanan dan ke kiri, jika ingin lebih mudah kamu bisa menggunakan motor penggerak otomatis.

Jika sudah menemukan arah yang pas kunci, agar tidak bergeser.

BACA JUGA: Cara Pasang WiFi di Rumah Tanpa Harus Menggunakan Kabel Telepon

Demikianlah cara pasang parabola mini sendiri yang bisa kamu coba. Jika kamu masih belum mendapatkan sinyal yang bagus kamu bisa memanggil teknisi untuk mengatasinya.

Share.

Leave A Reply