Hadirnya berbagai teknologi kini semua hal bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, contohnya saja cara memasukkan koordinat di Google Maps untuk menginput lokasi atau tempat baru agar mempermudah orang menemukannya.

Dengan adanya Google Maps, masyarakat bisa jadi lebih mudah untuk mencari suatu lokasi, ya meskipun beberapa pengguna juga sering nyasar saat menggunakanya.

Untuk menemukan lokasi pada aplikasi ini, pengguna hanya perlu memasukkan alamat tujuan yang akan dikunjungi, setelah itu sistem akan secara otomatis memberikan rute yang bisa dilalui dan rute alternatif jika jalan utama tidak bisa dilalui.

Kendati demikian, pada beberapa kasus pencarian alamat, terkadang menemukan suatu tempat tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika tempat tersebut belum terdaftar di layanan google Maps.

Lalu apa yang harus dilakukan jika pengguna hanya memiliki patokan titik koordinat saja? Jangan bingung! Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas cara mencari alamat hanya dengan bermodalkan titik koordinat saja.

BACA JUGA: Cara Download Gambar di Pinterest

Cara Memasukkan Koordinat di Google Maps

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan Google Maps, dimana aplikasi tersebut merupakan sebuah layanan peta digital yang dibekali dengan berbagai fitur canggih dan sudah terkoneksi secara otomatis dengan GPS dan satelit milik Google untuk mempermudah penggunanya menentukan dan mencari sebuah alamat.

Untuk mencari lokasi dengan bermodalkan titik koordinat saja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, berikut diantaranya:

Memasukkan Titik Koordinat melalui PC

  • Pertama-tama buka Google Maps melalui aplikasi atau situs resminya melalui browser.
  • Selanjutnya masukkan koordinat GPS dengan cara mengetikkan garis lintang dan garis bujur lokasi di kotak pencarian yang sudah disediakan.

    Masukkan Titik Koordinat
    Masukkan Titik Koordinat. (IST)
  • Pastikan kamu menulis format koordinat GPS dengan benar agar layananan Google Maps bisa menemukan lokasi dengan mudah.
  • Setelah itu cari lokasi dengan cara mengklik icon kaca pembesar yang ada di pojok kanan kolom pencarian.
  • Tunggu beberapa saat sampai sistem Google Maps menemukan lokasi.
  • Jika lokasi titik koordinat terdeteksi, akan muncul pin merah di lokasi yang tepat pada peta, dimana lokasi tersebut merupakan titik koordinat yang kau masukkan.

    Lokasi Titik Koordinat
    Lokasi Titik Koordinat. (IST)

Cara Memasukkan Titik Koordinat Google Maps di Android

Selanjutnya kamu bisa menggunakan Android untuk mencari lokasi atau tempat dengan bermodalkan titik koordinat saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android yang kamu gunakan.
  • Lalu ketikan titik koordinat yang kamu ketahui di kolom pencarian aplikasi Google Maps.
  • Pastikan kamu menuliskan format benar agar Google Maps bisa menemukan titik lokasi yang sesuai dan mempermudah pengguna untuk menemukannya.
  • Jika lokasi sudah terdeteksi akan muncul find location atau pin merah pada lokasi yang sesuai dengan titik koordinat GPS yang kamu masukan.

BACA JUGA: Cara Mencari Lokasi dengan Latitude dan Longitude di Google Maps

Nah, itulah cara memasukkan titik koordinat Google Maps untuk menemukan sebuah lokasi di Google Maps yang belum kita ketahui lokasi sebenarnya.

Share.

Leave A Reply