Banyak hal yang harus disiapkan saat akan membuka layanan pembayaran online dan membuka bisnis dagang salah satunya yaitu dengan cara membuat barcode sendiri.

Seperti kita barcode merupakan suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin, dimana barcode akan mengumpulkan data dari lebar garis dan spasi garis paralel yang akan membuat kode batang.

Fungsi utama dari barcode yaitu untuk menyimpan seluruh informasi terkait suatu produk atau barang. Secara umum barcode biasanya memuat informasi tentang expayer produk, kode produksi, harga produk dan juga nomor identitas produk.

Dulu untuk membuat barcode harus dilakukan dengan alat khusus yang sudah teruji dan dikonfirmasi oleh BPOM.

Namun seiring berkembang dan majunya teknologi, barcode kini bisa dibuat secara bebas oleh masyarakat umum dengan mudah dan tentunya dengan beberapa syarat atau ketentuan yang berlaku.

Dengan begitu, kini kamu bisa membuat barcode sendiri di rumah melalui smartphone berbasis Android, iOS maupun laptop.

Jika kamu juga akan merilis produk sendiri dan memasang barcode untuk memuat informasi mengenai produk tersebut, berikut kami akan mengulas caranya.

BACA JUGA: Cara Top Up Saldo Grab Driver

Cara Membuat Barcode Sendiri melalui Smartphone Android

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat barcode sendiri, berikut diantaranya:

  • Download dan pasang aplikasi Barcode Generator melalui perangkat Android yang kamu gunakan di Play Store.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut. Nantinya akan muncul halaman utama. Pilih icon (+) yang ada di tab bagian bawah halaman tersebut.
  • Setelah itu akan muncul halaman baru yang menyajikan dua pilihan yaitu, “Scan Code” dan “Add Code”. Untuk membuat barcode sendiri pilih opsi “Add Code”.

    Add Code
    Add Code. (IST)
  • Lalu pilih jenis barcode yang akan kamu buat, aplikasi ini menyediakan beberapa jenis barcode mulai dari QR Code, Data Matrix, Codabar, Aztec Code, Code39, EAN-8 dan masih banyak lagi.

    Buat QR Code
    Buat QR Code. (IST)
  • Misalnya, kamu kan memilih jenis barcode QR Code, maka akan muncul tiper QR Code yang ingin dibuat. Opsi yang tersedia mulai dari teks, email, URL, Nomor telepon, WiFi, SMS, Event dan beberapa keterangan lainnya.

    Membuat Kode dengan URL
    Membuat Kode dengan URL. (IST)
  • Jika kamu akan membuat QR Code yang mengarahkan ke URL. Pilih opi “URL”. Lalu isikan alamat URL, Deskripsi Kode, Label dan klik centang pada kolom yang tersedia.

    Masukkan URL
    Masukkan URL. (IST)
  • Tunggu beberapa saat, QR Code akan muncul secara otomatis di layar dan kamu bisa langsung meng-export QR Code tersebut dan menyimpannya di perangkat yang kamu gunakan.

    Barcode Siap Dibagikan
    Barcode Siap Dibagikan. (IST)

Setelah tersimpan kamu bisa membagikan atau menshare kode tersebut ke berbagai aplikasi. Bahkan, kamu juga bisa mencetaknya, lho.

BACA JUGA: Cara Melihat Barcode WA

Nah, itulah cara membuat barcode sendiri yang bisa kamu lakukan utnuk membuat identitas pada produk yang akan kamu jual atau kebutuhan lainnya. Semoga membantu.

 

Share.

Leave A Reply