Untuk kamu yang gemar belanja online di e-commerce luar negeri, kamu harus menggunakan cara menghitung Dollar ke Rupiah dulu agar mengetahui harga barang dalam rupiah agar barang yang akan dibeli tidak melebihi budget yang dimiliki.

Seperti kita ketahui, Dollar merupakan satuan mata uang Amerika Serikat dan salah satu cadangan mata uang utama di dunia. Maka tak heran jika kamu belanja di e-commerce luar negri jenis pembayaran yang dilakukan dalam bentuk Dollar.

Sebelum kamu belanja atau bepergian ke luar negeri, kamu juga bisa menghitung kurs Dollar dalam Rupiah terlebih dahulu, agar bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan dan meminimalisir pemborosan saat menginap dan menggunakan transportasi.

Kurs Dollar ke Rupiah sendiri selalu berubah-ubah setiap menit atau jamnya, utuk itu kamu harus bisa menghitungnya setiap saat melalui beberapa situs online yang sudah terintegrasi dengan sistem perbankan negara, seperti Google.

Sebenarnya kamu bisa menghitung Dollar ke Rupiah dengan mudah di kalkulator asalkan kmau mengetahui kursnya. Jadi sebelum menghitung, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu nilai jual-beli mata uang asing yang ingin kamu hitung.

Jika kamu masih belum tahu dan sering kebingungan dengan cara menghitung Dollar ke Rupiah, kamu bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk menghitungnya.

BACA JUGA: Cara Transfer Uang ke Rekening Bank Berbeda

Cara Menghitung Dollar ke Rupiah secara Online

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung  Dollar ke Rupiah, berikut diantaranya:

Menghitung di Google

Pertama kamu bisa menggunakan Google untuk menghitungnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser di perangkat yang kamu gunakan, kamu juga bisa langsung menggunakan aplikasi browser untuk membukanya.
  • Selanjutnya, ketik “nilai dollar yang akan kamu ubah menjadi nilai rupiah” atau kamu bisa menggunakan akhir Usd di idr pada kolom search.
  • Contohnya 2000 dollar di rupiah atau 2000 usd di idr dan klik search.

    Ubah USD ke IDR
    Ubah USD ke IDR. (IST)
  • Tunggu beberapa saat, nantinya Google akan menampilkan hasilnya.

    Hasil Kurs
    Hasil Kurs. (IST)
  • Jika kamu ingin mengetahui nilai sebaliknya, kamu hanya tinggal membalikkan cara pengetikan keyword dari Rupiah menjadi Dollar.
  • Namun, jika Google yang kamu pakai menggunakan pengaturan bahasa dan region Amerika Serikat, kau harus mengetikkan keyword dengan bahasa yang sesuai, yaitu Bahasa Inggris.
  • Menariknya, di Google ini kamu juga bisa mengetahui nilai kurs mata uang lainnya, seperti Euro, Dollar Taiwan, Rupee, Dollar Hongkong, Poundsterling, dan masih banyak lagi.

Selain menggunakan situs web resmi milik Google, kamu juga bisa mengkonversi kurs mata uang di aplikasi tambahan seperti XE Currency.

Cara Menghitung Dollar ke Rupiah di XE Currency

XE Currency
XE Currency. (IST)
  • Download dan pasang aplikasi XE Currency di perangkat yang kamu gunakan.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama kamu akan disuguhkan langsung dengan pertanyaan “apakah tinggal di Amerika Serikat?”.
  • Pilih Change dan ganti domisili ke Indonesia.
  • Pada beranda aplikasi XE Currency, akan muncul mata uang Rupiah atau IDR yang ada di kolom paling atas, di bawahnya akan ada mata uang Dollar atau USD.
  • Untuk mengetahui kurs, kamu hanya tinggal memasukkan nilai uang di kolom IDR dan secara otomatis nilai Dollar akan muncul di kolom USD.
  • Misalnya, kamu memasukkan angka 2.000.000 di kolom IDE maka di kolom USD akan muncul angka 137,17.

Cara kedua ini diklaim sangat bisa diandalkan, karena penggunanya bisa melihat konversi kurs mata uang dengan cepat dan mudah.

Untuk menambahkan mata uang lainnya seperti euro, Yen, Poundsterling kamu bisa menekan tombol Add Currency.

BACA JUGA: Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp

Nah, itulah cara menghitung Dollar ke Rupiah yang bisa kamu coba di situs web dan aplikasi resmi yang sudah bekerjasama dengan perbankan.

Share.

Leave A Reply