Sebagai salah satu platform paling populer di dunia, TikTok selalu memberikan kemudahan pada penggunanya, salah satunya yaitu cara membatalkan pesanan COD.

Saat ini TikTok Shop menjadi salah satu cara yang bisa digandrungi untuk mendapatkan uang karena pada layanan tersebut kamu bisa menjual berbagai jenis barang kepada seluruh pengguna TikTok di Indonesia.

Selain menjadi seller pada TiKTok Shop, kamu juga bisa membeli produk dari seller lain di aplikasi tersebut dengan berbagai metode pembayaran, seperti menggunakan dompet digital, kartu kredit, Transfer Bank, hingga COD (Cash on Delivery).

Untuk kamu yang tidak memiliki rekening bank atau saldo di dompet digital, mungkin metode pembayaran COD menjadi salah satu pembayaran paling populer digunakan, dimana pembeli bisa membayar saat barangnya datang.

Tapi, tak jarang terjadi saat pembeli sudah checkout dan salah menentukan alamat atau pemilihan jenis barang. Hal tersebut tentunya akan membuat pengguna ingin membatalkan pesanan di TikTok COD tersebut.

Untuk membatalkan pesanan dengan metode pembayaran COD sebenarnya sama dengan cara membatalkan pesanan dengan metode pembayaran lain. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Jualan Pulsa di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan COD di TikTok Shop

  • Buka aplikasi TikTok yang terinstall di perangkat yang kamu miliki. Pastikan kamu terhubung dengan internet untuk membukanya.
  • Lalu masuk ke akun yang kamu miliki.
  • Pada halaman utama, pilih menu Profil yang ada di pojok kanan bawah, biasanya menu ini memiliki icon orang.
  • Setelah itu, klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas (Options) dan pilih menu Pengaturan dan Privasi.

    Pengaturan dan Privasi
    Pengaturan dan Privasi. (IST)
  • Lalu cari dan pilih menu Order atau Pesanan.

    Pilih Pesanan
    Pilih Pesanan. (IST)
  • Pada halaman pesanan, pilih opsi Untuk dikirim atau Dikirim yang ada di kategori Pesanan Anda.

    Pesanan Anda
    Pesanan Anda. (IST)
  • Lalu cari pesanan COD yang ingin kamu batalkan di halaman tersebut.
  • Jika sudah menemukannya, pilih opsi Cancel di bagian bawah untuk membatalkan pesanan tersebut.
  • Kemudian pilih alasan pembatalan dan klik Konfirmasi.
  • Selanjutnya, kamu langsung dialihkan ke halaman Canceled yang menyatakan pesanan produk dibatalkan.

Jika kamu memilih Details dari Pembatalan pengiriman paket di halaman Pembatalan, maka secara otomatis akan diperlihatkan proses dari status Pesanan ditempatkan menjadi Paket Dibatalkan.

Tapi perlu kamu ketahui, cara ini bisa digunakan saat pesanan masih berstatus “Untuk Dikirim”, jika pesanan sudah dikirim kamu harus menunggu paket tersebut datang terlebih dahulu dan mengajukan retur barang untuk mengubah detailnya.

Sebagai pengingat, sebelum kamu melakukan pembelian di TikTok Shop, pastikan kamu sudah menentukan pesanan dan alamat secara detail, mulai dari nomor rumah, nama jalan hingga detail tempat lainnya.

Karena jika kamu terlalu sering mengajukan pembatalan, bisa saja metode pembayaran tersebut di blokir oleh TikTok.

BACA JUGA: Cara Jualan di TikTok Shop

Demikianlah cara membatalkan pesanan COD di TikTok Shop yang bisa kamu lakukan.

 

 

Share.

Leave A Reply