Sosial Media, RANCAH POST – Jagat media sosial dihebohkan dengan aksi seorang mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang memberikan kertas bertuliskan ‘Unsrat Masih Banyak Pungli (pungutan liar)’ secara langsung ke rektornya di momen wisuda.

Tak hanya itu saja, itu juga memperlihatkan kertas tersebut ke arah kamera untuk dilihat oleh banyak orang.

Video yang memperlihatkan momen tersebut viral setelah diunggah oleh sejumlah akun di media sosial, salah satunya oleh akun TikTok @jerman_007.

Dalam video berdurasi singkat itu awalnya terlihat momen wisuda program doktor, magister, PPDSp-1, profesi, dan sarjana periode IV tahun akademi 2021/2022 di Auditorium Unsrat, Manado, Sulawesi Utara pada Rabu, 25 Mei 2022.

Sidang terbuka senat universitas tersebut juga disiarkan secara online. Mahasiswa yang sudah maju ke depan tampak menerima surat kelulusan dan pindah tali toga.

Namun, salah satu mahasiswa tampak menyiapkan dua buah kertas saat maju ke depan. Satu kertas diletakkan di meja Rektor Unsrat, dan ia langsung mengambil serta membacanya.

Sedangkan satu kertas lagi ditunjukkan ke arah kamera. Yang membuat kaget adalah kertas tersebut bertuliskan, “Unsrat masih banyak pungli.”

Diduga isi tulisan di dalam kertas yang diberikan ke rektor sama dengan yang ditunjukkan ke arah kamera.

Aksi yang dilakukan mahasiswa tersebut sebagai bentuk protes terkait adanya pungli yang tentunya merugikan banyak mahasiwa di kampusnya.

@jerman_007

Salah satu acara Wisuda Epic di Tahun 2022 #manado #unsratmanado #wisuda2022

♬ DJ Bang Jono Jedag Jedug KKN Desa Penari – Vinky YT & Adit Sparky

Dikutip dari Manadopost.jawapost.com, juru bicara Unsrat Drs Max Rembang MSi mengatakan bahwa Unsrat sudah membentuk tim untuk melakukan investigasi terkait tindakan salah satu mahasiswa yang membuat heboh proses wisuda.

Menurut Rembang, saat ini tim investigasi sementara menjalankan tugas untuk menyelidiki kebenaran informasi pungli yang disampaikan wisudawan.

Jika nanti tidak terbukti, bisa ada sanksi yang akan diberikan kepada wisudawan yang bersangkutan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, cuplikan video ketika kejadian tersebut viral dan ramai menuai beragam komentar dari warganet.

hira, “ITU DIA NGASIH KERTASNYA JUGA KE REKTORNYA GA SIHH😭?? KEREN BNGTT BERANI SPEAK UPP💪💪”

I’m FINE °×°, “Gagah dan Pemberani 👍 smoga gak di persulit ngurus2 Ijasah dll kawand.”

Pasukan Thofu GALA, “Omg Nyali nya berani bgt 🥺 tapi kalau emang benar bagus jg ada yg berani speak up.”

BACA JUGA: VIRAL Paduan Suara Nyanyikan Lagu ini Saat Wisuda, Para Sarjana Auto Kena Mental

Any problem?, “serius nanya pungli di kampus itu contohnya gimana? biayanya dinaik naikin biar bisa masuk ke kantong pribadi kah?}

Share.

Leave A Reply