Sebelum kamu melakukan pengiriman barang melalui ekspedisi JNE kamu harus cek ongkir JNE terlebih dahulu, untuk cara nya sendiri bisa dilakukan secara mandiri.

JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang sudah ada di Indonesia selama bertahun-tahun.

Layanan expedisi ini menjadi salah satu ekspedisi pemimpin pasar logistik yang sukses menarik banyak perhatian setelah pecah dari TIKI.

Sama seperti layanan ekspedisi lainnya, JNE juga memberlakukan ongkir atau ongkos kirim  dalam menjalankan bisnisnya. Setiap wilayah memiliki tarif ongkos kirim berbeda-beda.

JNE juga memiliki beberapa produk pengiriman unggulan yang bisa diandalkan masyarakat dalam proses pengiriman paket, yaitu paket Yes, Reguler, dan Oke.

Penasaran cara cek tarif JNE tersebut? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

BACA JUGA: Cara Cek Tarif Grab

Cara Cek Ongkir JNE

Jenis-Jenis Pengiriman Paket JNE

Terdapat beberapa jenis pengiriman paket JNE, berikut diantaranya:

  1. Paket YES (Yakin Esok Sampai) merupakan layanan paket JNE yang menjanjikan pengiriman waktu paling cepat yaitu dalam 24 jam saja. Lebih dari itu kamu bisa mengajukan komplain jika paket tidak datang, namun tarif yang harus kamu bayar untuk paket ini tentunya lebih mahal.
  2. Paket REG Reguler adalah layanan paket JNE yang menjanjikan waktu pengiriman antara 3-4 hari. Pengiriman ini paling banyak diminati, selain harganya lebih terjangkau proses pengiriman barang juga standar dan tidak terlalu lama.
  3. Paket OKE adalah layanan paket JNE ekonomis dengan tarif lebih murah, tetapi membutuhkan waktu agak lama sekitar satu minggu dan biasanya digunakan untuk mengirim barang ke tujuan yang agak jauh dengan ongkos kirim mahal.

Cara Cek Ongkir JNE via Situs Web

Pertama kamu bisa cek ongkir JNE melalui situs Web resminya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi browser pada perangkat yang kamu gunakan. Pastikan kamu memiliki koneksi jaringan internet yang stabil.
  • Selanjutnya, kunungi situs resmi JNE di URL https://www.jne.co.id/id/beranda
  • Setelah halaman tersebut muncul, pilih opsi Tarif Kiriman.
  • Lalu masukkan nama kecamatan asal pengiriman dan juga kecamatan tujuan pengiriman; bila tidak ada pilihan kecamatan, masukkan nama kota tujuan pengiriman.

    Tarif Kiriman
    Tarif Kiriman. (IST)
  • Klik Check.
  • Kamu akan diminta untuk mengisi kode captcha  terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu bukan robot.
  • Terakhir, kamu akan disajikan sebuah tabel tarif pengiriman dari kota dan tujuan yang telah kamu tentukan lengkap dari berbagai jenis ekspedisi JNE.

    Rincian Biaya Pengiriman
    Rincian Biaya Pengiriman. (IST)

Menggunakan Aplikasi untuk Cek Ongkir JNE

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi resmi milik JNE untuk melakukan pengecekan ongkir, ini dia langkah-langkah nya:

  • Download dan pasang aplikasi JNE di perangkat yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi JNE,klik menu ‘Cek Tarif untuk mengecek tarif ongkir ke suatu daerah.
  • Isi alamat pengiriman pada kolom “Origin” dan alamat tujuan di kolom “Destinasi”
  • Isikan berat paket yang akan dikirim dan klik Cek.
  • Terakhir, kamu akan disajikan sebuah tabel tarif pengiriman dari kota dan tujuan yang telah kamu tentukan lengkap dari berbagai jenis ekspedisi JNE.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Ongkos Kirim

Adapun beberapa faktor tambahan yang akan mempengaruhi harga ongkos kirim barang yang kamu kirim, berikut diantaranya:

  1. Berat Paket
  2. Jarak Antar
  3. Jenis Pengiriman
  4. Asuransi

BACA JUGA: Cara Cek Tarif Grab di Lokasi Berbeda

Itulah cara cek tarif JNE yang bisa kamu lakuakn sebelum mengirimkan paket lengkap dnegan faktor yang mempengaruhi tarif kirimnya.

Share.

Leave A Reply