RANCAH POST – Kekurangan dan kelebihan Realme 9 memang menarik untuk dibahas, mengingat HP ini dilengkapi spesifikasi di atas rata-rata dan dijual dengan harga terjangkau.

Suksesor Realme 8 ini memamerkan desain kekinian, layar lapang, chipset kencang serta kamera beresolusi tinggi. Di Indonesia, Realme 9 dijual dalam tiga pilihan warna, yaitu Stargaze White, Meteor Black, dan Sunburst Gold.

Jika Anda masih memiliki sedikit keraguan, silahkan simak dengan seksama beberapa kelebihan dan kekurangan HP Realme 9 berikut ini.

Kekurangan dan Kelebihan Realme 9

Kelebihan

Perangkat ini mengusung layar Super AMOLED berdiagonal 6.4 inci yang sudah mendukung resolusi 1.080 x 2.400 piksel alias FHD+ dengan fitur Adaptive Refresh Rate 90 Hz.

Dengan fitur tersebut, kecepatan refresh perangkat ini pada menyesuaikan diri secara otomatis tergantung konten yang sedang tampil di layar.

Misalnya, pada saat melihat foto kecepatan refresh-nya akan berada di angka 10-20 Hz dan akan dikunci pada kecepatan tertinggi, yakni 90 Hz saat digunakan bermain game.

Tak cukup sampai disitu, Realme 9 juga hadir dengan sensor sidik jari di layar dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 yang dapat meminimalisir goresan.

Dapur pacunya mengandalkan chipset Snapdragon 680 (6 nm), chip buatan Qualcomm ini menawarkan performa lancar dan hemat daya.

Kegiatan bermain game di Realme 9 juga dapat berjalan mulus berkat dukungan RAM 6/8 GB yang hadir dengan fitur Dynamic RAM Expansion (DRE) 5 GB serta dipasangkan dengan memori internal 128 GB.

HP Realme 9 ditopang baterai 5.000 mAh yang diklaim perusahaan dapat bertahan selama seharian penuh untuk pemakaian normal. Perangkat ini memiliki fitur pengisian cepat (fast charging) 33W yang dapat mengisi daya dari 0 sampai 100% dalam waktu 80 menit.

Kelebihan Realme 9 lain yang tak kalah menarik untuk di dikupas adalah kameranya. Smartphone bikinan perusahaan asal China ini punya kamera tunggal di bagian depan beresolusi 16 MP.

Sementara di belakang ada pengaturan tiga kamera yang dipimpin sensor utama berkekuatan 108 MP dan didampingi sensor ultrawide serta macro dengan resolusi masing-masing 8 MP dan 2 MP.

Realme 9 dibekali slot SIM ganda dengan jaringan 4G LTE, slot kartu microSD untuk memperluas ruang penyimpanan secara eksternal, Face Unlock, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, jack audio 3.5 mm dan port USB C.

Kekurangan

Realme 9 hadir tanpa dukungan fitur Near Field Communication atau NFC. Cukup disayangkan memang, mengingat HP lain di kelasnya sudah banyak yang memiliki fitur ini.

Selain itu, Realme 9 juga masih menggunakan speaker mono bukan speaker stereo sehingga kualitas audio yang dihasilkannya terasa kurang greget.

BACA JUGA: Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Redmi 10C, HP Sejuta Umat

Bagi yang berminat, HP ini bisa dipesan melalui toko online dan offline Realme Official Store. Varian 6 GB/ 128 GB dijual dengan harga Rp 3.399.000 dan varian 8 GB/ 128 GB dapat dimiliki dengan menyiapkan budget sebesar Rp 3.599.000.

Share.

Leave A Reply