Cara mengatasi format file tidak didukung bisa kamu lakukan dengan mudah asalkan kamu mengetahui penyebabnya.

Seperti kita ketahui, file merupakan salah satu aspek yang ada di sebuah perangkat yang berperan sebagai penyimpanan atau bentuk dari sebuah dokumen.

Tapi pada banyak kasus, beberapa orang sering mengeluhkan jika file yang diterimanya tidak bisa dibuka dan dilabeli keterangan format tidak didukung.

Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa hal, misalnya file yang kamu miliki tersebut didapatkan dari teman berupa video dan memiliki format .mkv.

Saat dikirimkan ke perangkat ponsel bisa saja file tersebut tidak bisa dibuka karena ada beberapa alat yang tidak kompatibel pada perangkat yang kamu gunakan untuk memutar video tersebut.

Tapi tak usah khawatir, karena kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah tersebut hanya dengan beberapa langkah saja.

Untuk lebih jelasnya yuk simak cara mengatasi format file tidak didukung yang bisa kamu coba.

BACA JUGA: Cara Mengatasi File yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung

Gunakan Aplikasi yang Mendukung Format File Tersebut

Cara pertama yang bisa kamu gunakan yaitu menginstall aplikasi tambahan atau software yang mendukung jenis format yang disediakan untuk format file yang kamu inginkan.

Untuk aplikasinya sendiri kamu bisa menginstall aplikasi Video Player yang mendukung format .mkv dan tidak MP4 saja.

Perlu kamu ketahui, file video yang memiliki format .mkv dengan resolusi yang tinggi memiliki ukuran yang lumayan besar, file tersebut tidak akan terbaca di perangkat dengan spesifikasi pas-pasan.

Ubah Format File

Cara mengatasi file yang tidak didukung selanjutnya kamu bisa mencoba mengubah format file tersebut sesuai dengan perangkat yang kamu miliki.

Mengatasi format tidak didukung dengan cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi gambar atau foto yang formatnya tidak didukung.

Kompres File Menjadi ZIP dan RAR

Terakhir, kamu bisa menggunakan cara mengkompres file menjadi format ZIP dan RAR.

Hal ini dilakukan saat kamu ingin mengunggah file dalam jumlah yang banyak, misalnya situs tertentu yang hanya mendukung format .doc, .Zip, .dan rar.

BACA JUGA: Cara Kirim File Besar Lewat Email

Nah, itulah beberapa cara mengatasi file tidak didukung yang bisa kamu coba di berbagai perangkat. Semoga berhasil.

Share.

Leave A Reply