Penasaran chat WA kamu sudah dibaca atau belum karena centang biru target dimatikan? Tenang saja, kamu bisa menggunakan cara mengetahui  pesan WhatsApp sudah dibaca meski centang biru dimatikan dengan mudah.

WhatsApp merupakan salah satu platform kirim pesan chat terbaik yang memiliki segudang fitur menarik.

Pada aplikasi ini kamu bisa mengirimkan banyak hal, mulai dari pesan teks, voice note, musik, foto dan video, dokumen, lokasi dan masih banyak lagi.

Selain itu, WhatsApp juga memiliki beberapa fitur unggulan berupa pengaturan khusus untuk pesan yang mereka terima.

Mulai dari menolak chat WA dari orang asing, memblokir kontak, mematikan last seen, hingga fitur unggulannya yaitu mematikan informasi pesan dibaca setiap kali penerima membaca pesan yang masuk.

Hal tersebut dilakukan bukan semata-mata keinginan, tapi ada beberapa alasan bagi penerima pesan WA untuk menerapkan pengaturan tersebut.

Tapi hal tersebut juga sering menjadi pro dan kontra untuk beberapa pengguna, apalagi jika mereka penasaran apakah pesan WhatsApp yang mera kirim sudah dibaca atau tidak.

Jika kamu juga termasuk seseorang yang bertanya-tanya akan hal tersebut. Berikut kami akan membantu kamu untuk mengetahui pesan WA sudah dibaca atau belum oleh seseorang yang mengaktifkan fitur informasi centang biru.

BACA JUGA: Cara Backup WhatsApp iPhone

Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

Menggunakan WhatsApp Group

Pertama kamu bisa menggunakan WhatsApp Group untuk mengetahui pesan WA yang sudah dibaca meskipun informasinya dimatikan, karena fitur tersebut tidak berlaku untuk WhatsApp Group.

Berikut contohnya:

  • Buat grup WhatsApp pada akun WA yang kamu miliki.
  • Lalu masukan anggota yang kamu inginkan, yaitu orang yang ingin kamu kirimi pesan.
  • Kirim pesan tersebut ke grup WhatsApp yang beranggotakan target penerima pesan.
  • Jika sudah, klik tanda tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas, dan pilih menu Info.
  • Jika pada menu tersebut sudah muncul nama penerima sudah membaca,itu tandanya pesan yang kamu kirimkan sudah dibaca lengkap dengan informasi jamnya.

Melalui Voice Note

Opsi lain yang bisa kamu lakukan yaitu mengirim voice note.

Jika cara sebelumnya cukup rumit kamu lakukan, kamu bisa mencoba opsi yang satu ini untuk mengetahui pesan yang dikirimkan sudah dibaca atau belum.

Pasalnya fitur informasi dibaca hanya berlaku untuk pesan teks dan gambar saja, tidak berlaku untuk pengiriman pesan suara secara pribadi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Nah, itulah cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca meski centang biru dimatikan yang bisa kamu coba.

Share.

Leave A Reply