RANCAH POST – Meskipun sudah menjalankan sistem operasi MIUI 13 berbasis Android 11, nyatanya cara screenshot Xiaomi Redmi 10C tak jauh beda dengan pendahulunya, yaitu Redmi 9C.

Jadi bagi Anda yang mungkin baru saja membeli Redmi 10C, hal penting yang harus Anda ketahui adalah screenshot di Redmi 10C bisa dilakukan melalui tiga metode berbeda, mulai dari tombol fisik, bar notifikasi hingga screenshot 3 jari.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10C

Kombinasi Tombol Fisik

Pertama Anda bisa menggunakan kombinasi tombol fisik untuk dapat mengambil gambar layar pada smartphone ini. Cara pengambilannya sendiri sangatlah mudah, dimana Anda hanya tinggal mengarahkan layar pada area yang ingin di screenshot.

Setelah ditentukan, tekanlah tombol Power dan Volume Bawah (-) secara bersamaan. Kemudian segera lepaskan apabila sudah terdengar bunyi cekrek atau layar HP Redmi 10C Anda sudah berkedip.

Screenshot Xiaomi Redmi 10C dengan tombol fisik
Screenshot Xiaomi Redmi 10C dengan tombol fisik. (IST)

Selesai, hasilnya dapat Anda lihat dari aplikasi Galeri.

Bar Notifikasi

Apabila Anda sudah merasa cukup bosan mengambil screenshot dengan cara pertama, maka Anda bisa menggunakan fitur screenshot bawaan yang dapat ditemukan pada Bar Notifikasi HP Redmi 10C.

Cara ini bisa dibilang sebagai alternatif jika sewaktu-waktu tombol power atau tombol pengatur volume HP Anda mendadak tidak berfungsi atau rusak.

Untuk menggunakannya, cukup usapkan layar dari atas bawah agar deretan menu yang ada di bar notifikasi muncul. Setelah itu tinggal pilih menu Screenshot atau Tangkapan Layar seperti yang ada pada gambar berikut.

Screenshot Redmi 9C tanpa tombol

Screenshot 3 Jari Redmi 10C

Sekarang ini mungkin Anda merasa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fitur screenshot 3 jari. Nah, di Redmi 10C fitur tersebut juga telah tersedia.

Anda bisa langsung mengaktifkannya dari menu atau Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol > Ambil Screenshot > Screenshot 3 Jari.

Cara screenshot tiga jari Redmi 9C

Setelah aktif, Anda dapat mencoba dengan cara mengusapkan layar ujung 3 jari Anda ke layar dari atas ke bawah.

Screenshot 3 jari Redmi 9C

BACA JUGA: Cara Screenshot HP Oppo Reno 7 5G dan Reno 7 Z 5G

Itulah ketiga cara screenshot HP Xiaomi Redmi 10C, semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply