Viral Video, RANCAH POST – Viral video detik-detik mal Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya mengalami kebakaran hebat pada Rabu, 13 April 2022 sekitar pukul 17.30 WIB.

Dalam video yang direkam dari luar gedung, terlihat api berkobar dan membesar dari atas gedung mal tersebut.

Api berkobar dengan cepat di gedung bertingkat antara departement store Sogo dan hotel Four Points, asap tebal pun tampak membumbung tinggi dari atas gedung.

Insiden kebakaran ini langsung membuat para pengunjung panik berhamburan dan berlari untuk menyelamatkan diri. Puing-puing bangunan yang terbakar tampak berjatuhan ke atas lobby mal.

Video ini sendiri direkam oleh pengendara yang melintas di lokasi kejadian. Terdengar pula suara sirine truk damkar yang meraung-meraung di tengah kondisi jalanan di Jalan Basuki Rahmat yang tampak macet.

Melansir Detik.com, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan sumber kebakaran ternyata berasal dari permainan anak-anak di playground di lantai 4.

“Sudah ketemu akhirnya, (sumber) api di permainan anak-anak di playground di lantai 4 di TP 5,” kata Dedik di lokasi, Kamis (14/4/2022).

Menurut Dedik, dugaan awal sumber api berasal dari korsleting listrik. Api cepat menjalar lantaran mainan anak-anak banyak terbuat dari bahan plastik.

“Karena di tempat mainan anak-anak enggak ada kompor, ya korslet pastinya. Material permainan anak-anak itu dari plastik dan mudah terbakar,” sambungnya.

Ia memastikan semua titik api sudah padam pada pukul 22.30 WIB. Kendati begitu, para petugas pemadam kebakaran masih melakukan pembasahan sembari mengecek situasi yang sudah kondusif.

Dedik memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran di Tunjungan Plaza 5 Surabaya ini. Lebih lanjut, ia menyampaikan terkait kendala petugas ketika mencari sumber api.

Salah satunya karena kondisi di dalam mal yang gelap dan asap yang hitam pekat, sehingga membuat pandangan petugas terbatas.

Soal dugaan api menjalar hingga ke lantai atas, kata Dedik, diduga api menjalar lewat pipa shaft dan ducting.

BACA JUGA: Cerita Damkar Cium Aroma Wangi Saat Evakuasi Jenazah Santri Korban Kebakaran di Karawang

Sementara itu, video detik-detik saat Tunjungan Plaza terbakar viral di media sosial setelah diunggah oleh sejumlah akun, salah satunya akun Instagram @lambe_turah. Lihat videonya di sini.

Share.

Leave A Reply