RANCAH POST – Oppo kembali memboyong smartphone murah baru ke Indonesia yang bernama Oppo A16e. Sesuai namanya, smartphone ini merupakan saudara dari Oppo A16 yang punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Dibanding Oppo A16, ponsel ini memiliki bodi lebih tipis dan lebih ringan yang dibalut dua pilihan warna kekinian, yaitu Hitam dan Biru.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A16e yang mungkin perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16e

Kelebihan

HP Oppo A16e ini mengusung desain layar penuh berukuran 6.52 inci dengan resolusi 720 x 1.600 piksel atau HD+. Di bagian atas layar terdapat sebuah poni bergaya tetesan air.

Selain ditujukan mempercantik tampilan perangkat poni tersebut juga digunakan sebagai rumah kamera depannya yang memiliki resolusi sebesar 5 MP.

Kemudian, layar Oppo A16e dibekali fitur Sunlight Display, Moonlight Display dan AI Smart Backlight yang dapat memberikan pengalaman visual nyaman dan sehat untuk mata pengguna.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh HP Oppo keluaran 2022 ini adalah baterai 4.230 mAh dengan dukungan fitur Super Nighttime, Optimized Night Charging dan Super Power Saving yang dapat memperpanjang umur baterai sehingga jadi lebih awet.

Meski dikategorikan sebagai ponsel entry level, performa perangkat ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab perusahaan membekalinya dengan chipset Helio P22 yang memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz.

Kinerja Oppo A16e turut didukung RAM LPDDR4x 3 GB yang berpasangan dengan memori penyimpanan internal 32 GB. Pengguna juga masih bisa memperluas ruang penyimpanan perangkat ini dengan kartu memori eksternal.

Untuk fotografi, HP Oppo A16e dibekali kamera belakang tunggal 13 MP yang mendukung fitur HDR Backlight, dimana fitur untuk dapat memproyeksikan objek agar terlihat lebih jelas.

Bagi Anda yang gemar membuat konten video TikTok dan Instagram, ponsel ini memiliki aplikasi edit video bawaan bernama SoLoop yang dapat membantu Anda menghasilkan video kreatif dan menginspirasi.

Bodi perangkat ini juga memiliki ketahanan terhadap cipratan air lantaran telah mengantongi sertifikasi rating IPX4.

Kekurangan Oppo A16e

Kapasitas baterai 4.230 mAh yang dimiliki oleh ponsel ini tergolong besar, namun sayang Oppo hanya memberikan adapter charger dengan output 10W. Dengan ini proses pengisian dayanya pun dipastikan akan berjalan lambat.

Selain itu, penggunaan chipset Helio P22 juga amat disayangkan. Sebab selain merupakan salah satu chipset lawas, chip Helio P22 ini tidak bisa dipaksakan untuk menjalankan game berat.

BACA JUGA: Kekurangan dan Kelebihan Realme 9 Pro, Spek Maksimal Harga Minimal

Jadi itulah sejumlah kekurangan dan kelebihan HP Oppo A16e. Dijual dengan banderol Rp 1.7 jutaan, HP ini tentu masih recommended untuk dimiliki.

Share.

Leave A Reply