Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang banyak digunakan, selain bisa dipakai untuk berbelanja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berjualan. Cara jualan di Tokopedia juga tergolong mudah.

Dikutip dari iPrice, Tokopedia memiliki jumlah pengunjung bulanan sekitar 147,790,000 bahkan bisa lebih jika sedang ada event dan harbolnas lainnya.

Meskipun demikian, Tokopedia masih kalah dibandingkan kompetitornya, Shopee di Google Play Store atau App Store.

Tapi hal tersebut tak mengindahkan pengguna yang ingin berjualan di Tokopedia, karena banyaknya pengunjung yang mengakses aplikasi tersebut.

Sama dengan platform lainnya, untuk berjualan di Tokopedia, kamu harus memiliki toko online terlebih dahulu.

Hal ini dibuat untuk mempermudah pelanggan mempromosikan produk dan menggunakan sistem operasi jualan yang dimiliki oleh Tokopedia.

Jika kamu berminat untuk berjualan di Tokopedia, berikut kami akan mengulas cara membuka toko online di e-commerce tersebut.

Cara Membuka Toko di Tokopedia

Sebelum kamu membuka toko di Tokopedia, kamu harus membuat toko onlinenya terlebih dahulu, berikut langkah-langkah membuatnya:

  • Download dan pasang aplikasi Tokopedia pada smartphone yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan buat akun Tokopedia.
  • Jika kamu sudah berhasil membuat akun Tokopedia dan memverifikasi akun tersebut, kamu bisa langsung buka toko.
  • Buka menu profil dan pilih opsi “Buka Toko Gratis”

    Buka Toko Gratis di Tokopedia
    Buka Toko Gratis di Tokopedia. (IST)
  • Lalu konfirmasi dengan cara klik Buka Toko Gratis kembali.
  • Setelah itu, masukan info toko. Mulai dari nama toko, dan nama domain toko. Domain tersebut berperan sebagai link untuk mengarahkan konsumen pada toko tersebu, dan klik Lanjut.

    Masukan Info Toko
    Masukan Info Toko. (IST)
  • Kemudian, lengkapi alamat toko online kamu, mulai dari Nomor Rumah, Blok, RT/RW, Kecamatan dan Kode Pos dan klik Simpan.

    Cara Jualan di Tokopedia
    Cara Jualan di Tokopedia. (IST)
  • Selesai, kamu telah berhasil membuka toko di Tokopedia dan bisa mulai digunakan untuk berjualan.

BAC JUGA: Cara Daftar Affiliate Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia

Jika kamu sudah berhasil membuat toko di Tokopedia, kamu hanya tinggal menggunakannya untuk berjualan. Berikut langkah-langkah lengkap berjualan di Tokopedia:

Unggah Produk yang Akan Dijual

Tambahkan Produk
Tambahkan Produk. (IST)

Pertama kamu harus mengunggah terlebih dahulu produk yang akan kamu jual, dengan kualitas foto terbaik.

Kamu juga harus menambahkan deskripsi sedetail mungkin, mulai dari nama produk, jenis atau kategori produk, harga, merk dan keterangan lainnya jika dibutuhkan.

Informasi Produk
Informasi Produk. (IST)

Mengaktifkan Layanan Logistik

Jika kamu sudah berhasil mengunggah produk dan mengisikan deskripsinya secara lengkap, kamu bisa langsung mengaktifkan layanan logistik.

Tokopedia sendiri menyediakan dua layanan logistik yaitu, layanan antar ke gerai atau dijemput kurir. Layanan ini dibuat untuk mempermudah seller dalam hal mengirimkan paket ke customer.

Mengelola Toko

Aspe yang tak boleh kamu lewatkan yaitu mengelola toko untuk mendapatkan performa tinggi, kamu harus mengelola toko dengan baik untuk meningkatkan skor performa toko agar meningkatkan kualitas toko tersebut.

Untuk dapat meningkatkan performa toko, kamu harus memberi pelayanan yang baik pada konsumen, mulai dari merespon pertanyaan calon pembeli atau layanan lainnya.

Membuat Strategi Marketing

Tips lain yang harus kamu perhatikan yaitu membuat strategi marketing yang tepat. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan:

  • Share toko online kamu di berbagai sosial media yang kamu miliki.
  • Buat promo dan diskon menarik untuk menarik perhatian konsumen.
  • Menggunakan affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan di toko online Tokopedia yang kamu miliki melalui promosi yang dilakukan oleh mitra affiliate terdaftar.

Memproses Pesanan dengan Cepat

Jika kamu sudah mendapakan pesanan, kamu harus langsung memprose pesanan tersebut dengan cepat. Tokopedia sendiri menyediakan fitur khusus untuk mempermudah para merchant dalam memproses pesanan.

Mengikuti Keanggotaan Seller

Terakhir, kau bisa menggunakan layanan yang disediakan  Tokopedia bernama power merchant. Layanan tersebut merupakan layanan keanggotaan seller dengan berbagai fitur eksklusif di dalamnya.

Power ini juga akan meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli saat akan membeli produk pada toko online kamu.

BACA JUGA: Cara COD di Tokopedia
Nah, itulah cara jualan di Tokopedia lengkap dengan cara membuat toko onlinenya. Jika kamu tertarik, yuk daftar seller Tokopedia sekarang juga!

Share.

Leave A Reply