Tak sengaja menghapus video momen penting di TikTok dan tidak menyimpan video aslinya? Tenang saja, kamu bisa menggunakan cara mengembalikan video TikTok yang terhapus dengan mudah.

Aplikasi TikTok merupakan salah satu media sosial yang kini tengah nak daun, dimana penggunanya bisa membuat video atau konten menarik didalamnya.

TikTok juga bisa diakses dan digunakan oleh semua kalangan, jadi siapapun bisa berkreasi menyalurkan kreativitas di dalamnya.

Tapi tak jarang dari mereka membuat video atau konten yang tidak sesuai dan menyalahi aturan yang ada, biasanya video tersebut akan terhapus dengan sendirinya.

Namun untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tips untuk mengembalikan video yang terhapus tersebut.

Penasaran dengan caranya? Berikut kami akan mengulas serangkaian cara mengembalikan video TikTok yang terhapus dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA: Cara Daftar TikTok Affiliate

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

D-Back File Recovery

Solusi paling ampuh yang bisa kamu coba untuk mengembalikan video TikTok yang terhapus adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama iMyFone D-Back File Recovery Software.

Aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan dari situs resmi iMyFone.com. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu D-Back Android Data Recovery dan D-Back iPhone Data Recovery. Tinggal pilih sesuai dengan jenis perangkat yang kamu miliki.

Untuk bisa memulihkan video TikTok yang sudah terhapus dengan aplikasi ini kamu memerlukan perangkat laptop atau komputer serta satu buah kabel data.

  • Download dan instal apk iMyFone D-Back Android Data Recovery di PC ataupun laptop kamu.
  • Kemudian aktifkan fitur Developer Option dan USB Debugging di HP Android kamu.
  • Setelah fitur USB Debugging berhasil kamu aktifkan, pilih opsi Recover Phone Data dan sekarang tinggal hubungkan ponsel ke laptop/ PC menggunakan kabel data.
  • Apabila ponsel sudah terdeteksi, pencet tombol Start lalu pilihlah opsi Full Scan.
Aplikasi untuk mengembalikan video TikTok
Aplikasi untuk mengembalikan video TikTok. (SS)
  • Tunggu sampai proses scan selesai yang biasanya akan memakan waktu sekitar 10-15 menit. Selama proses scan berlangsung kamu tidak dianjurkan untuk mengoperasikan ponsel.
  • Ketika proses pemindaian selesai, secara otomatis kamu akan melihat sejumlah data yang bisa dipulihkan. Tinggal pilih dan klik Recover.

Tanpa Aplikasi

Selain itu, kamu pun dapat memulihkan kembali video TikTok yang telah dihapus lewat menu Laporkan Masalah yang disediakan oleh aplikasi TikTok itu sendiri

  • Buka aplikasi TikTok yang kamu miliki, pastikan kamu menggunakan TikTok dengan versi terbaru untuk mempermudah penggunaan dan pengoperasian apk tersebut.
  • Selanjutnya, buka menu Profil yang ada di pojok kanan bawah.
  • Lalu klik tiga strip yang ada di pojok kanan atas dan pilih menu Pengaturan dan Privasi.

    Pilih Pengaturan dan Privasi
    Pilih Pengaturan dan Privasi. (IST)
  • Kemudian cari kategori “Dukungan” dan pilih menu Laporkan Masalah.

    Pilih opsi Laporkan Masalah
    Pilih opsi Laporkan Masalah. (IST)
  • Lalu cari topik “Video dan Suara”.

    Video dan Suara
    Video dan Suara. (IST)
  • Setelah halaman berikutnya muncul, pilih menu “Video Hilang” dan pilih opsi Video saya hilang karena melanggar Panduan Komunitas.

    Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus
    Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus. (IST)
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email. Namun pastikan bahwa alamat email yang kamu masukkan adalah alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Tiktok tersebut.
  • Tiktok juga akan memintamu untuk mengisi kolom pelaporan masalah atau menyampaikan umpan balik beserta gambarnya, pastikan kamu menuliskan permasalahan secara jelas dan detail agar Tiktok mau mengembalikan video Tiktok yang hilang tersebut.

    Laporkan Masalah
    Laporkan Masalah. (IST)
  • Jika sudah mengisi kolom tersebut tekan “Laporkan”.
  • Setelah itu, kamu hanya tinggal menunggu balasan email konfirmasi pengembalian video yang terhapus dari tim support Tiktok.

BACA JUGA: Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Nah, demikianlah cara mengembalikan video TikTok yang terhapus yang bisa kamu coba. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply