Cara melacak paket Shopee sebenarnya cukup mudah dilakukan, beda halnya untuk pengguna baru yang sering bingung dengan keberadaan paketnya.

Belanja online memang salah satu hal yang menyenangkan dan bisa dilakukan secara instan.

Selain itu, dengan belanja online di e-commerce kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga tanpa harus berdesakan ke mall ataupun toko baju, cukup bermodalkan HP saja kamu bisa membeli apapun yang kamu butuhkan.

Tapi tak jarang dari mereka sering mengeluhkan  dengan paket yang tak kunjung datang, apalagi jika paket yang kamu pesan berisikan barang penting dan akan dipakai dalam waktu dekat pastinya hal tersebut sangat menyebalkan.

Shopee sendiri menyediakan banyak ekspedisi dan jasa pengiriman, mulai dari Shopee Express, J&T, jNE, Antareja, Sicepat Express, Cargo, Grab, hingga Gojek Same Day, Express dan Instan.

Nah, jika kamu penasaran dengan lokasi barang yang kamu pesan berada dimana, kamu bisa melacaknya dengan mudah melalui aplikasi terkait atau layanan browser.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan cara di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Melihat PIN ShopeePay

Cara Melacak Paket Shopee dengan Mudah

Terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk melacak paket belanjaan di aplikasi Shopee, berikut diantaranya:

  • Buka aplikasi Shopee yang terinstall pada perangkat yang kamu gunakan, atau kamu bisa mengunjunginya di situs Shopee.co.id.
  • Pada halaman utama, pilih menu profil Saya.

    Buka Profil Saya
    Buka Profil Saya. (IST)
  • Kemudian pilih Pesanan Saya.

    Lihat Riwayat Pesanan
    Lihat Riwayat Pesanan. (IST)
  • Jika sebelumnya kamu sudah melakukan pembelian barang dan dalam proses pengiriman, maka kamu bisa membuka tab Dikemas.
  • Pilih barang yang sudah kamu pesan.
  • Pada opsi tersebut kamu bisa melihat paket yang sedang menunggu diambil oleh kurir.
  • Jika paket tersebut sudah selesai Dikemas, maka Shopee akan secara otomatis mengirim keterangan notifikasi lanjutan dengan status Dikirim pada kamu.
  • Pada status Dikirim, kamu bisa melacak dengan detail posisi paket kamu, apakah sudah diambil, diantar, atau sudah diterima.

    Cara Melacak Paket Shopee
    Cara Melacak Paket Shopee. (IST)
  • Pihak aplikasi juga akan menuliskan detail rinci dimana keberadaan paketmu baik itu di gudang, Drop point, drop center, ataupun sudah dalam proses pengiriman kurir ke alamat tujuan.

    Informasi Detail
    Informasi Detail. (IST)

Jika keterangan yang disajikan pada aplikasi ini kurang detail, kamu bisa mengeceknya di aplikasi pengiriman yang kamu pilih.

Biasanya pada layanan pengiriman akan muncul status yang lebih jelas dan rinci, bahkan nama kurir yang membawa paket pun akan tertera.

Untuk layanan seperti J&T, Sicepat, Antareja, JNE, Cargo, dan Shopee Express biasanya memakan 2-3 hari waktu pengiriman, tergantung kota tujuan.

Sedangkan jika kamu menggunakan jasa pengiriman Grab Express atau Gojek Sameday, biasanya memakan waktu yang singkat, karena pengiriman ini hanya diberlakukan untuk pengiriman jarak dekat.

BACA JUGA: Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Shopee
Nah, itulah cara melacak paket belanjaan pada aplikasi Shopee. Cukup mudah bukan? Tenang saja, belanja dan transaksi pada aplikasi ini tergolong aman.

Jadilah pembeli yang pintar ya, guys!

Share.

Leave A Reply