RANCAH POST – Tren smartphone dengan mekanisme kamera selfie pop-up memang sudah jarang ditemukan, sebab belakangan ini sebagian besar smartphone yang dijual dipasaran sudah mengusung layar poni atau punch hole.

Guna melestarikan hp dengan kamera pop-up, Huawei resmi meluncurkan Nova Y9a di Afrika Selatan secara diam-diam. Jika dilihat dari belakang, ponsel ini akan terlihat sangat mirip dengan Nova 8i atau Honor 50 Lite.

Sebab Nova Y9a mempunyai modul kamera belakang lingkaran yang memuat empat buah lensa kamera, sedangkan LED flash pada smartphone ini diletakan di sudut kiri atas bagian punggungnya.

Spesifikasi Huawei Nova Y9a

Dirangkum dari situs resmi Huawei, Nova Y9a dilengkapi layar IPS LCD yang berukuran 6.63 inci dengan resolusi Full HD+ (1.080 X 2.400 piksel). Layar tersebut menawarkan rasio screen-to-body mencapai 92% dan mampu menampilkan hingga 16.7 juta warna.

Untuk kamera, ponsel ini hadir dengan kamera depan pop-up beresolusi 16 MP f/2.2. Sedangkan kamera belakangnya ada empat buah yang dipimpin oleh sensor utama berkekuatan 64 MP.

Ketiga kamera pendukung lainnya meliputi ultrawide 8 MP dengan FOV 120 derajat, macro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Kamera belakang Huawei Nova Y9a turut dilengkapi dengan fitur Super Night MODE, EIS serta mendukung perekaman video 1080p.

Smartphone dikategorikan mid-ranger ini diperkuat oleh chipset Helio G80 buatan MediaTek yang dipasangkan dengan RAM 8 GB dan memiliki penyimpanan internal cukup lega, yaitu 128 GB UFS 2.1.

Huawei Nova Y9a tidak menjalankan sistem operasi HarmonyOS melainkan berjalan di Android 10 dengan antarmuka EMUI 10.1. Meski begitu, ponsel ini masih hadir tanpa dukungan layanan Google.

Urusan sumber daya, Nova Y9a ditenagai baterai 4.300 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian cepat SuperCharge 40 watt. HP Huawei terbaru ini juga dibekali dukungan konektivitas 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.1, port USB-C, dan jack audio 3.5 mm.

Harga

Di Afrika Selatan, Huawei Nova Y9a dilepas dengan banderol harga 6.499 Rand (sekitar Rp 6 jutaan). Ada tiga pilihan warna yang disediakan, yaitu Space Silver, Sakura Pink dan Midnight Black.

BACA JUGA: Huawei P50 Pocket Diresmikan, Usung Spesifikasi Super Duper Kece

Menurut informasi, Nova Y9a juga akan segera diterbangkan ke pasar Timur Tengah dan Asia Tengah dalam waktu dekat.

Share.

Leave A Reply