Berita Selebriti, RANCAH POST – Aliando Syarief kembali muncul setelah cukup lama vakum dari dunia hiburan. Aktor tampan berusia 25 tahun itu melakukan siaran langsung di akun Instagram pribadinya pada Kamis (27/1/2022).

Hal itu sontak membuat warganet terutama para penggemarnya terkejut. Pasalnya, dalam tayangan siaran langsung itu, Aliando mengatakan bahwa dirinya tengah berjuang untuk sembuh dari gangguan mental OCD (Obsessive Compulsive Disorder).

Hal itulah yang membuat dirinya selama dua tahun terakhir ini tidak muncul di layar kaca bahkan sampai mundur dari proyek sinetron yang diperankannya.

OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Apabila hal itu tidak dilakukan, penderitanya akan merasa cemas hingga ketakutan.

Akan tetapi, yang dialami Aliando bukanlah OCD biasa tetap ekstrem. OCD ekstrem yang dideritanya membuat aktivitas sang aktor terganggu hingga ia kesukitan untuk bergerak.

Aliando Syarief pun menceritakan berbagai hal mengenai kondisinya di siaran langsung Instagram-nya.

“Gue untuk gerak aja kemarin itu enggak bisa, kenapa? Separah itu untuk satu kali langkah. Jadi ini ekstrem OCD. Kalau OCD normal yang gue tahu karena teman gue juga pernah, OCD itu setau gue mereka kalau cuma lihat misalkan buku enggak rapi, kebuka sedikit enggak enak ditutup lagi. Ini (OCD yang dialaminya) bukan itu aja, sampai mandi pun, lu bayangin gue harus hitungin rambut, kacau gitu loh,” papar Aliando.

Menurut Aliando, sebenarnya dirinya sudah didiagnosis mengidap OCD sejak kelas 2 SD. Namun saat itu ia berhasil melawan penyakit tersebut karena masih anak-anak. Akan tetapi, kondisinya semakin parah pada saat usianya beranjak dewasa.

Bintang film Ganteng-ganteng Srigala itu mengingatkan untuk orang yang mengalami gangguan mental agar tidak takut untuk berbicara kepada orang tua dan orang yang dipercaya bisa membantu.

“Jangan pernah malu kalau punya gangguan, jangan malu bilang ke orang tua atau teman yang mungkin dekat, ke psikolog konsultasi. Kok bisa ya (kena gangguan ini)? Langsung saja ngobrol, jangan pernah takut,” ucapnya.

Selama 2 tahun, Aliando berjuang sembuh dari OCD. Bahkan di sinetron terakhirnya, Aliando mengaku sudah mengidap OCD. OCD yang diidapnya membuat Aliando merasa seperti melawan dirinya sendiri.

Ia memaksa untuk melakukan hal berulang dan itu sangat menganggu aktivitasnya.

“2 tahun kena OCD nggak bisa ngapa-ngapain, dan susah untuk dipahami. Gue fokus ke mana, nggak sinkron pikiran dan otak. 2019 harusnya ada project lagu, tapi akhirnya batal karena gue OCD. Itu ganggu banget. Gue lagi main, tiba-tiba disuruh ngulang sama pikiran gue. Kalau nggak, (gue jadi berpikir) akan ada yang celaka,” ungkapnya.

“Makanya gue nggak gimana mau speak up, ternyata ini gue bukan pure sendiri. Entah gue norak atau gimana, kalau ingin dapat sesuatu hal, apa yang kita pikirkan, kita harus berjuang. Semoga impian kalian tercapai. Pikiran positifnya harus diperjuangkan,” sambungnya/

BACA JUGA: Ini Kata Aliando Syarif Ketika Perankan Karakter Dono di Film ‘Warkop DKI Reborn 3’

Sampai saat ini Aliando Syarief masih berjuang untuk sembuh dari gangguan mental yang diidapnya supaya bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Share.

Leave A Reply