Berita Nasional, RANCAH POST – Seorang pria yang beberapa waktu lalu viral tendang dan buang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru akhirnya ditangkap kepolisian dari Polda Jawa Timur.

Pria yang buang dan tendang sesajen itu diketahui berinsial HF,  ia ditangkap di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya di Gang Dorowati, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, pada Kamis 13 Januari 2022 malam.

Melansir Kompas.com, Kasatreskrim Polres Lumajang AKP Fajar Bangkit Utomo mengatakan, selanjutnya HF akan dijemput dan dibawa ke Mapolres Lumajang untuk menjalani pemeriksaan. Menurut Fajar, penangkapan itu dilakukan oleh personel Polda Jawa Timur (Jatim).

Polres Lumajang langsung memburu HF usai videonya tendang dan buang sesajen di Semeru viral. Dalam hal ini, Polres Lumajang mendapat dukungan dari Polda Jatim.

Lebih lanjut, HF diketahui berasal dari Lombok, namun telah lama tinggal di Yogyakarta. HF terancam pasal 156 KUHP tentang ujaran kebencian dan penghinaan terhadap suatu golongan dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun.

Tak hanya itu, terkait video tersebut, HF juga dijerat Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ia terancam mendapat hukuman penjara 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Sebelumnya, seorang pria menjadi perbincangan warganet usai videonya saat buang dan tendang sesajen di kawasan letusan Gunung Semeru viral di media sosial. Hal itu dilakukan karena ia menyebut bahwa sesajen itu membuat Allah murka.

Video tersebut diunggah oleh sejumlah akun. Dalam video tersebut terlihat pria berompi hitam dan sarung abu-abu sedang berada di kawasan lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Ia tampak berjalan menuju sesajen yang diletakkan di tempat tersebut. Pria yang tidak diketahui identitasnya itu kemudian mengatakan kalau sesajen tersebut dapat membuat murka Allah dan menurunkan adzab-Nya.

Sambil meneriakkan takbir, ia langsung membuang dan menendang nampan sesajen ke dalam jurang yang di bawahnya sungai. Selain pria itu, perekam video yang ada di lokasi juga ikut meneriakkan takbir.

BACA JUGA: Viral Video Pria Buang dan Tendang Sesajen di Kawasan Gunung Semeru, Aksinya Dikecam

“Ini yang membuat murka Allah ya. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah. Hingga Allah menurunkan azabnya, Allahu Akbar,” kata pria tersebut sambil menendang nampan sesajen.

Share.

Leave A Reply