Banyak hal yang sering terjadi pada akun Google, baik itu lupa sandi atau diretas, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan cara memulihkan akun Google.

Akun Google pada sebuah HP memang memiliki peran yang cukup penting, karena tanpa akun Google beberapa aplikasi di HP tidak bisa beroperasi.

Contohnya saja Play Store, jika kamu tidak memiliki akun Google untuk di sinkronisasikan dengan Play Store, maka kamu tidak bisa mengunduh aplikasi tambahan lainnya.

Akun Google atau Gmail sendiri merupakan salah satu penyedia layanan email dari Google yang cukup populer dan banyak digunakan terutama pada smartphone Android dan iOS.

Dari banyak kasus kehilangan akses akun Google yang terjadi, penyebab yang paling sering terjadi adalah lupa mengingat kata sandi.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut kami akan membantu kamu untuk mengembalikan akun Google dengan cara memulihkannya.

Cara Memulihkan Akun Google dengan Mudah

Memulihkan Akun Google yang Terhapus dengan Nomor HP

Pertama kamu bisa memulihkan akun Google dengan nomor HP, tapi pastikan nomor HP yang kamu gunakan sudah kamu daftarkan sebelumnya saat pembuatan akun.

Selain itu, nomor tersebut juga harus aktif, karena pihak Google akan mengirim kode verifikasi pemulihan akun melalui SMS pada nomor tersebut.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Buka gmail melalui browser, disini kamu bisa menggunakan aplikasi browser apapun.
  • Setelah muncul halaman utama login, pilih Lupa Email.

    Cara mngembalikan akun Gmail
    Cara mngembalikan akun Gmail. (IST)
  • Lalu Google akan meminta kamu memasukan nomor HP yang terdaftar pada akun Google tersebut.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi, carilah kata “Try Another Way” dan klik.
  • Lalu, Google akan memberikan pilihan untuk kalian menerima kode verifikasi berupa SMS pada nomor yang kamu daftarkan sebelumnya, kamu harus memasukan nomor tersebut kembali.

    Cara Memulihkan Akun Google
    Cara Memulihkan Akun Google. (IST)
  • Tunggu beberapa saat, pihak Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau Menelpon secara langsung pada nomor pemulihan akun.
  • Jika sudah ada, masukan kode verifikasi tersebut ke kolom yang telah disediakan dan klik Berikutnya untuk mengkonfirmasi.
  • Nantinya kamu akan diminta untuk membuat kata sandi baru untuk mengamankan akun Google tersebut.
  • Patikan kamu membuat kata sandi yang mudah diingat tapi sulit untuk dilacak, gunakan kata yang unik, jika sudah klik “Simpan Kata Sandi.” Setelah berhasil, Google akan memberikan rekomendasi “Security Checkup.”

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Google di HP Lain

Cara Memulihkan Akun Google dengan Alamat Email Pemulihan

Selanjutnya kamu bisa menggunakan cara ini jika kamu sudah mendaftarkan alamat email pemulihan saat pembuatan akun Google kamu yang tak bisa dibuka.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dan Masuk ke laman login Gmail.
  • Setelah itu, masukkan alamat email kamu dan pilih“Selanjutnya” untuk melanjutkan ke halaman baru.
  • Lalu, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi kalian, pilih “Lupa Kata Sandi” untuk memulihkan akun kalian.

    Masukan kata sandi akun Gmail
    Masukan kata sandi akun Gmail. (IST)
  • Kemudian, pihak Google akan mengirimkan sebuah email berupa kode verifikasi ke akun email pemulihan yang sudah kalian daftarkan. Llau masukan kode tersebut pada kolom yang telah tersedia.
  • Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman untuk membuat password email baru. Buatlah kata sandi yang baru dan klik “Simpan Password.”

Tips Untuk Membuat Kata Sandi agar Mudah diingat

Untuk mengatasi masalah lupa sandi diatas, kamu harus membuat sandi akun Google yang mudah diingat dan sulit untuk diretas atau dicoba.

Berikut diantaranya:

  1. Buat password Yang Unik, pastikan kamu membuat password yang unik dan tak mudah untuk ditebak.
  2. Hindari Menggunakan Informasi Pribadi seperti tanggal lahir, alamat rumah, panggilan sehari-hari, nama anak dan lainnya.
  3. Buat Kata Sandi Panjang dan Mudah Diingat, contohnya kata yang kau suka, kutipan lagu, kata mutiara, singkatan, dan lain-lain.

BACA JUGA: Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Google

Itulah cara memulihkan akun Google yang bisa kamu coba, semoga berhasil.

Share.

Leave A Reply