Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, kamu bisa mempelajari aplikasi pembuat animasi 3D yang bisa dijadikan konten channel YouTube.

Dengan animasi 3D, video yang kamu buat akan tampak lebih menarik nyata dan hidup. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri pada video.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa YouTuber yang memakai animasi pada konten yang dibuatnya dan memiliki views ratusan ribu hingga jutaan.

Nah, berikut kami rekomendasikan aplikasi pembuat animasi 3D yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi 3D

FlipaClip

FlipaClip
FlipaClip. (IST)

Rekomendasi pertama ada FlipaClip, FlipaClip merupakan salah satu apk pilihan editor yang bisa digunakan untuk membuat animasi di Android.

User interface yang ditawarkan oleh apk ini cukup simpel, dimana kamu bisa membuat sketsa, storyboard dan animasi dengan mudah.

Agar video animasi yang kamu buat pada aplikasi ini lebih menarik, kamu bisa terlebih dahulu mempelajari gerakkan karakter dalam film animasi.

Selain itu, FlipaClip juga dapat digunakan pada hampir semua perangkat smartphone dan tablet.

 Draw Cartoons 2 – Aplikasi Pembuat Animasi 3D

Draw Cartoons 2 - Apk Pembuat Animasi 3D
Draw Cartoons 2 – Apk Pembuat Animasi 3D. (IST)

Selanjutnya ada Aplikasi pembuat animasi 3D bernama Draw Cartoons 2, dimana aplikasi ini menyediakan berbagai template karakter yang bisa kamu pakai secara gratis.

Dalam Draw Cartoons 2, kamu hanya tinggal memilih karakter yang hendak kamu masukan dan mengatur pergerakan pada tiap frame nya.

Bahkan, kamu bisa memasukan voice over dan musik yang kamu inginkan yang nantinya bisa di konversi ke video berformat MP4.

BACA JUGA: , Aplikasi Baru untuk Buat Animasi Selfie Sendiri

 Stick Nodes

Siapa yang nggak kenal karakter stickman? Karakter ini sudah di siarkan dalam berbagai media, seperti game stickman hingga animasinya.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat animasinya, kamu bisa membuat animasi menggunakan sebuah aplikasi bernama Stick Nodes yang mempunyai fitur sangat lengkap.

Sama seperti platform sebelumnya, kamu hanya perlu menggerakkan karakter atau avatar yang kamu buat pada setiap frame-nya untuk mendapat gerakan yang sesuai.

Di Stick Nodes kamu bisa mengekspor animasi ke dalam format GIF. Sayangnya, untuk ekspor ke dalam format MP4 lengkap dengan musik, kamu harus membayar versi berbayar terlebih dahulu.

Zoobe – Aplikasi Pembuat Animasi 3D

Zoobe - Apk Pembuat Animasi 3D
Zoobe – Apk Pembuat Animasi 3D. (IST)

Untuk pengguna PC dan laptop, ada aplikasi Zoobe  yang bisa kamu gunakan untuk membuat video animasi 3 dimensi.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk pemula yang ingin meng-upgrade skill menggambar penggunanya.

Pada dasarnya, Zoobe  dibuat khusus sebagai platform perpesanan video. Namun, cara mengirim pesan video dalam aplikasi ini lebih unik dan lebih seru.

Selain itu, Zoobe sepenuhnya bisa kamu akses secara cuma-cuma laias gratis tanpa adanya batasan apapun.

Synfig Studio

Synfig Studio
Synfig Studio. (IST)

Aplikasi pembuat animasi 3D selanjutnya adalah Synfig Studio.

Walaupun memiliki tampilan yang jadul, tapi Synfig Studio ini menyediakan video tutorial training yang tersedia pada laman resminya.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa menggerakkan karakter tersebut dengan berbagai macam gerakan sesuai keinginan.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk kmu yang ingin merintis channel YouTube dengan konsep animasi bercerita.

Untuk mendapatkan apliaksi ini kamu bisa mengunduhnya di https://www.synfig.org/

OpenToonz

OpenToonz
OpenToonz. (IST)

OpenToonz merupakan aplikasi kustomisasi yang bisa membuat animasi 3D yang memiliki sifat open-source.

Asal kamu tahu, beberapa film animasi Studio Ghibli, seperti Princess Mononoke dan The Secret World of Arrietty dirancang dengan aplikasi OpenToonz.

Bahkan, OpenToonz juga menawarkan beberapa fitur lain seperti GTS, Effects, dan KumoWorks yang pernah digunakan oleh studio animasi terkenal asal Jepang.

Menariknya, OpenToonz bisa kamu gunakan tanpa harus mengaksesnya dengan mengunjungi link berikut https://opentoonz.github.io/e/ atau klik disini untuk membukanya.

Veemee Avatar Creator

Veemee Avatar Creator
Veemee Avatar Creator. (IST)

Terakhir ada Aplikasi pembuat animasi 3D Veemee Avatar Creator yang bisa kamu gunakan di PC atau laptop.

Dengan software yang satu ini, kamu bisa membuat avatar dan menambahkan aksesori padanya, seperti pakaian dan background dengan berbagai tema.

Bukan hanya untuk pemula, Veemee Avatar Creator juga bisa digunakan oleh kalangan profesional untuk memenuhi kebutuhannya, seperti membuat video animasi.

Kamu juga bisa membuat 2D modelling, membuat game, motion tracking, dan lainnya dengan aplikasi ini.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat Video Animasi Untuk Android

Nah, itulah rekomendasi aplikasi pembuat animasi 3D yang bisa kamu coba.  Memang beberapa diantaranya memiliki interface yang rumit, tapi lama kelamaan akan terbiasa kok, guys.

Share.

Leave A Reply