Sosial Media, RANCAH POST – YouTube asal Klaten, Jawa Tengah, Minto Suwito Siyam atau yang dikenal masyarakat dengan panggilan Mbah Minto meninggal dunia pada Rabu, 22 Desember 2021.

Kabar meninggalnya Mbah Minto diinformasikan oleh pemilik kanal YouTube Ucup Klaten, Muhammad Sofyan melalui akun Instagram pribadinya, @ucup_jbsklaten.

“Sugeng tindak Simbok… Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang.

– TIM UK -,” tulis akun Instagram @ucup_jbsklaten dalam kererangan unggahannya.

Unggahan Akun Instagram @ucup jbsklaten
Unggahan Akun Instagram @ucup_jbsklaten. (IST)

Dalam foto yang diunggahnya, diketahui Mbah Minto menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 22 Desember 2021 sekitar pukul 21.15.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Mbah Minto akan dimakamkan pada hari ini, Kamis 23 Desember 2021, di Sasonoloyo Wonosaren Bugel, Klaten, Jawa Tengah. Mbah Minto meninggal di usia 85 tahun dan meninggalkan 4 anak, 15 cucu, serta 4 orang cicit.

Kabar Mbah Minto meninggal dunia itu langsung mendapat respons dari banyak pihak, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Melalui akun Twitter-nya, Ganjar menyampaikan ucapan duka cita atas berpulangnya Mbah Minto.

“Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji’un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah,” tulis akun Twitter @ganjarpranowo dengan menautkan kabar ‘lelayu’.

Seperti kita ketahui, sosok Mbah Minto viral di media sosial saat muncul sebagai pemeran “Si Mbok” pada sebuah video parodi gagal mudik yang diunggah kanal YouTube Ucup Klaten.

Di video tersebut, Simbok mengimbau agar anaknya jangan mudik karena sedang pandemi Covid-19. Hal itu karena sang anak berisiko membawa virus meski saat itu ia dalam kondisi sehat.

Namun sang anak mengatakan tetap ingin pulang karena rindu pada sang ibu. Lucunya, Simbok pun mengirimkan foto selfie sambil berujar, “Ra sah mulih le, penting duite mulih (nggak usak pulang nak, yang penting uangnya pulang),”.

Diketahui, nama Mbah Minto pun kini menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 6,900 cuitan. Banyak yang merasa kehilangan sekaligus akan mengenang karya-karya Mbah Minto semasa hidupnya.

@mbah_mijan, “Sugeng tindak Mbah Minto, njenengan telah mengajarkan arti “Tua Berkarya, Rejeki Datang Tak Mengenal Usia” husnul khotimah, Aamiin,”.

@RuangLucuuu, “Selamat jalan dan terima kasih mbah minto yang sudah menghibur kita selama ini,”.

BACA JUGA: Kronologi dan Penyebab Ameer Azzikra Adik Alvin Faiz Meninggal Dunia

@BiLLRaY2019, “Innalillahi wainnailaihi raji’un.

Allahummaghfirlaha warhamha wa ‘afiha wa’fu anha…
Semoga almarhumah Mbah Minto diampuni dosa2nya diterima iman islamnya dan ditempatkan di sisiNYA serta keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan…Aamiin YRA,”

Share.

Leave A Reply