Viral Video, RANCAH POST – Beredar sebuah video yang memperlihatkan mobil polisi lalu lintas (polantas) abaikan korban tabrak lari yang terkapar di jalan. Mobil polisi tersebut hanya lewat begitu saja tanpa menolong.

Diketahui lokasi kejadian tersebut berada di jalan poros Kabupaten Bulukumba-Sinjai, Kecamatan Bulukumba, Sabtu 11 Desember 2021. Dalam video tersebut, seorang korban kecelakaan lalu lintas tergeletak di jalan.

Sejumlah warga yang tampak berdatangan ke lokasi kejadian untuk memeriksa korban. Video ini direkam oleh seorang wanita dari lantai atas rumahnya.

“Wii, tarbrak lari,” ucap perekam video,

Tak lama kemudian, terdengar suara sirine dari mobil Polantas yang hendak melintasi jalanan tersebut. Mulanya warga mengira polisi itu akan memberi pertolongan pada korban tabrak lari.

Warga yang berada di pinggir jalan pun tampak melambaikan tangan untuk meminta polisi rersebut berhenti untuk menolong korban. Namun sayang, mobil polisi hanya melewati korban yang tergeletak dan tidak berhenti.

“Lha lha, itu polisi? Jalan terus?,” kata si perekam yang kaget melihat polisi yang cuek dan hanya lewat saat ada korban tabrak lari.

Mobil polisi itu terus melaju diikuti deretan mobil di belakangnya. Diduga mobil polisi itu sedang melakukan pengawalan. Akhirnya warga memutuskan untuk mengangkat korban tabrak lari itu ke pinggir jalan.

Kejadian ini sontak saja menuai berbagai komentar kritikan dari warganet yang menyayangkan tindakan polisi yang malah lewat begitu saja saat ada korban tabrak lari. Lihat videonya di sini.

Melansir Kompas.com, mobil polisi yang abaikan korban tabrak lari itu merupakan mobil Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan.

Provost Polda Sulawesi Selatan akhirnya turun tangan untuk menindak polisi yang diduga mengabaikan korban kecelakaan lalu lintas.

Plt Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Ade Indrawan mengatakan, saat ini Provost Polda Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan kepada polisi yang mengendarai mobil tersebut.

“Personel polisi yang terekam dalam video amatir itu telah dibebastugaskan dari fungsi Lantas dan sedang dalam pemeriksaan Provost Polda Sulsel untuk dilakukan sidang disiplin karena tidak mengambil tindakan mendahulukan dengan menolong korban. Malah justru meninggalkan TKP dengan alasan terburu-buru,” kata Ade dalam keterangan tertulisnya.

Polisi ada di video tersebut, lanjut Ade, beralasan sedang terburu-buru ditunggu oleh anggota Satuan PJR Ditlantas Polda Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai yang akan menggunakan mobil dinas tersebut untuk melakukan pengawalan ke Kota Makassar.

Hal itu karena mobil dinas Satuan PJR yang lain sedang rusak dan sedang diperbaiki di bengkel.

“Polisi seharusnya senantiasa hadir jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas, mendatangi tempat kejadian dengan segera menolong korban dan melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara,” lanjutnya.

BACA JUGA: Viral Curhat Wanita Korban Perampokan di Jaktim, Lapor Polisi Malah Ditolak Hingga Diomeli

Sementara itu, korban tabrak lari itu diketahui merupakan seorang wanita berinisial AF (18). Kabarnya kini ia sedang dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo dan masih dalam kondisi kritis.

Share.

Leave A Reply